Aludra Dance Tim Tari dari PSTM 20

DAMARIOTIMES - Aludra Dance merupakan salah satu tim tari dari Jurusan SEDESA di Universitas Negeri Malang. Aludra Dance sendiri memiliki 5 anggota diantara nya adalah Anjamar Syahfa Lagsita, Najwa Anindita, Sabikah Nur Pavita, Dewi Agustina, dan Rizky Sussan yang merupakan Mahasiswi dari Prodi PSTM angkatan 2020. Awal mulai terbentuknya Aludra Dance sendiri adalah dari tugas mata kuliah yang kami dapat di semester 2 yaitu mata kuliah olah tubuh, dengan koreografi yang dibuat sendiri Aludra Dance debut dengan tarian berjudul “Bimbang”.


(Gambar: Ist)


Bimbang merupakan tarian dengan genre kontemporer dengan tema dramatik. Makna dari kata Bimbang sendiri untuk koreografi yang di ciptakan oleh Aludra Dance adalah dimana manusia selalu dipenuhi dengan berbagai pilihan, sehingga mereka akan terbelenggu dalam sebuah kebimbangan dan ketidaktentuan dalam tujuan hidupnya. Bimbang sendiri memiliki durasi sekitar 7 menit untuk tarianya. Proses yang dilakukan untuk pembuatan karya Bimbang ini sekitar 3 bulan dengan menyalurkan seluruh ide dari para anggota alhirnya koreo dapat tersusun dan terlaksana.

Tidak hanya menampilkan karya ciptaanya sendiri, Aludra Dance juga menarikan beberapa tarian tradisional seperti pada gambar diatas yaitu Tari Cunduk Menur dari Banyuwangi yang memiliki makna tarian sebgai hubungan manusia dengan manusia dan manusia dengan tuhan serta memiliki makna sebagai kecantikan seorang wanita. Kali pertama Aludra Dance menampilkan tarian tradisional adalah pada saat event ONEDAY VOL 9 yaitu salah satu progam kerja dari Jurusan SEDESA. ONEDAY VOL 9 sendiri merupakan progam kerja yang memiliki tujuan untuk menyambut mahasiswa baru di Jurusan SEDESA dimana kepanitiaanya dipegang oleh angkatan 2020.

Pada awalnya Aludara Dance memang akan menampilkan karyanya yang berjudul Bimbang tersebut, namun setelah berdiskusi dengan para anggota akhirnya Aludra Dance memutuskan untuk menampilkan tari Cunduk Menur. Dengan waktu yang singkat hanya sekitar 5 hari Aludra Dance sudah harus menghafal seluruh koreografi dari tarian tersebut, akhirnya pada tanggal 27 Agustus 2020 Aludra Dance menampilkan tarian Cunduk Menur asal Banyuwangi tersebut di Dewan Kesenia Malang dan dibantu oleh panitia ONEDAY VOL 9. Para anggota Aludra Dance lihai dan lincah dalam menarikan tarian Cunduk Menur tersebut, sangat sesuai dengan makna tarian yang dibawakan.

 

 

 

Reporter: Sabikah Nur Pavita

Editor: Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Aludra Dance Tim Tari dari PSTM 20"