Pelukis Dan Guru Seni Yang Memiliki Cita-Cita Mengembangkan Bakat Seni Generasi Muda Indonesia

DAMARIOTIMES - Pada dasarnya, sosok seorang seniman sudah banyak ditemukan di berbagai belahan dunia. Seniman yg berasal dari Indonesia sudah banyak yang menjelajah sampai ke mancanegara. Tujuan mereka untuk memperkenalkan seni yang buat utamanya seni yang menggambarkan tentang apa saja keindahan yang di miliki generasi muda bangsa Indonesia.


Agung Suroso dan Karya lukisnya (Foto: Ist)


Sosok seniman yang seperti itu lah yang membuat menjadi idola para pengagum kesenian. Biasanya, sosok idola yang seniman yang memiliki cita-cita mulia, tidak jarang  muncul bakat dan hobby yang miliki juga ada faktor keturunan dari orang tuanya.

Seperti halnya seniman muda berbakat yang dikenal dengan nama  Agung Suroso, S.Sn (43 th.). Beliau adalah alumni dari Institut Seni Indonesia Solo, sekarang menjadi guru seni di salah satu Sekolah Menengah Atas di daerah Kalimantan Timur, sekaligus seniman berbakat di daerah tersebut. Sebelum menjadi guru seni budaya, Agung Suroso pernah bekerja di PT. Intan Pariwara sebagai Design. 

 

Salah satu karya Agung Suroso (Foto: Ist)


Pada awalnya,  Agung  menjadi seniman, pada saat usai menyelesaikan pendidikannya di kota Solo, kemudian mulai mengadu untung  menjadi pelukis jalanan. Dengan bakat yang dimilikinya yang sudah tertanam semenjak kecil. Pada waktu usia sekolah, Agung sudah  pandai melukis dan juga sering mengikuti ajang perlombaan.

Agung mengaku “ saya senang melukis diturunkan dari bakat orang tua,  memang sudah ada darah seni yang mengalir dalam tubuh dan jiwa. Kebetulan orang tua juga seorang seniman”.

Tidak beberapa lama, pada  saat menyandang gelar sarjana, Agung Suroso memutuskan untuk merantau ke Kalimantan Timur dan mengikuti kontes-kontes kesenian, atau pameran lukisan. Berikuntnya Agung mengembangkan bakatnya dan terjun  guru seni budaya di SMA Negeri 1 Sangatta Utara, Kalimantan Timur.

Semenjak Agung menjadi pengajar di sekolah tersebut, banyak membimbing anak muridnya mengikuti perlombaan, seperti pada ajang lomba tingkat pelajar; FLS2N.  Bersyukur salah satu siswa yang di ajarkan dan di bimbing sering tembus ke tingkat Nasional. Hal ini yang sangat membanggakan.

Tujuan Agung merantau ke Kalimantan Timur, selain untuk memperkenalkan dan menyalurkan bakat yang terpendam dalam dirinya, ada tujuan yang sangat mulia, yaitu dapat menciptakan generasi-generasi muda penerus berkesenian, dengan harapan agar kesenian yg dimiliki oleh bangsa Indonesia tidak luntur, bahkan tetapi tetap berkembang dan terus berkembang.

Agung juga memiliki cita cita mulia, “Saya ingin memperkenalkan karya-karya lukisan ke tingkat nasional, bahkan ke negara-negara ASEAN, jika mungkin dapat dikenalkan ke seluruh dunia” Agung menyampaikan dengan semangat dan bangga.

 

 

 

Reporter              : Agustya Prita Ningrum 
Editor                  : Harda Gumelar

 

 

Posting Komentar untuk "Pelukis Dan Guru Seni Yang Memiliki Cita-Cita Mengembangkan Bakat Seni Generasi Muda Indonesia "