Patung Kepala Di Kabupaten Tulang Bawang Barat

DAMARIOTIMES - Patung besar berbentuk kepala yang ada di Kabupaten Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung, terkenal karena bentuknya yang sangat besar. Patung ini adalah salah satu ikon di Kabupaten Tulang Bawang Barat yang dikenal dari berbagai kalangan. Banyak wisatawan lokal yang berkunjung hanya ingin melihat patung ini. Tidak hanya wisatawan lokal saja, namun wisatawan luar daerah Tulang Bawang Barat juga banyak yang berkunjung. Wisatawan luar daerah sangat tertarik untuk melihat patung berkepala besar yang unik ini.




            Patung kepala ini berada di Tiyuh Panaragan, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat. Patung kepala yang memiliki ukuran setinggi kurang lebih 15 meter, panjang 40 meter, dan memiliki ketebalan 6 meter memiliki arti yang tidak banyak orang tahu. Tujuan di bangunnya patung ini untuk mengabadikan dan melestarikan sejarah. Patung kepala ini ada empat macam bentuk. Dari empat bentuk tersebut terdapat makna yang berbeda-beda. Patung kepala itu menggambarkan para pemimpin empat marga yang ada di Kabupaten Tulang Bawang Barat.

            Patung kepala ini disebut dengan patung Megou Pak yang berarti empat marga. Marga yang pertama yaitu Marga Tegamoan, Marga Buay Bolan, Marga Way Umpu, dan Marga Buay Aji. Patung Megou Pak menggamarkan kerukunan eratnya kekerabatan dan persatuan adat Lampung Pepadun di Tulang Bawang Barat. Walaupun adanya perbedaan marga, masyarakat Lampung Pepadun selalu menjaga eratnya kekerabatan dan persatuan. Patung Megou Pak sebagai salah satu wisata yang selalu mengingatkan masyarakatnya untuk selalu akur walaupun adanya perbedaan.

            Letak patung Megou Pak terasa mencekam ketika wisatawan luar daerah yang baru pertama kali berkunjung. Keberadaannya yang ditengah kebun karet membuat seolah tersembunyi dari pandangan mata. Walaupun kesan lokasi tersebut mencekam, tetapi oksigen yang dihasilkan sangat bagus. Maka dari itu, tidak heran mengapa banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke patung Megou Pak.

            Untuk tiket masuk wisata patung Megou Pak sudah memiliki tarif yang sangat terjangkau. Untuk tiket masuk memiliki tarif Rp0,00, tarif parkir motor Rp3.000,00, dan tarif parkir mobil Rp5.000,00. Wisatawan tidak dibatasi waktu untuk mengunjungi patung ini. Tidak ada alasan bagi wisatawan untuk tidak mengunjungi patung Megou Pak. Sayangnya, di lokasi Patung Megou Pak belum didukung dengan fasilitas yang memadai seperti toilet umum.

 

Reporter: Mila Lailatul Rif'ah
Editor    : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Patung Kepala Di Kabupaten Tulang Bawang Barat"