Pasca Supervisi Virtual, Sma Unggulan Haf-Sa Zainul Hasan BPPT Genggong Probolinggo Terus Jaga Kualitas Layanan Akademik

DAMARIOTIMES – Kegiatan supervisi daring pelaksanaan program SKS (Sistem Kredit Semester) untuk jenjang SMA di Provinsi Jawa Timur telah berlangsung sepekan yang lalu. Acara yang digagas oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur tersebut guna menggali data mutu lulusan, mutu layanan akademik, serta pengelolaan pembelajaran dan penilaian dengan sistem SKS. Pihak Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Dr. Ninik Kristiani, M.Pd memberikan apresiasi kepada SMA Unggulan Haf-Sa Zainul Hasan BPPT Genggong Kabupaten Probolinggo yang secara keseluruhan dalam pelaksanaan layanan akademik berbasis SKS telah berjalan sangat baik.


 

Salah satu perangkat pembelajaran yang harus disiapkan dalam agenda pasca supervisi (Foto: Wulan)



Pujian tak lantas membuat lembaga ini terlena begitu saja, justru menjadi penyemangat untuk terus menjaga kualitas layanan akademik yang telah dilaksanakan beberapa tahun terakhir. Salah satu wujud nyata adalah melaksanakan kegiatan pasca supervisi yakni pembuatan perangkat pembelajaran terhitung sejak tanggal 1 hingga 9 September 2021 mendatang. Acara yang berlangsung selama sembilan hari tersebut guna menyiapkan dan menyusun perangkat pembelajaran 5 tahun terakhir di semua mata pelajaran.

M. Inzah, M.Pd.I selaku kepala SMA Unggulan Haf-Sa Zainul Hasan BPPT Genggong Kabupaten Probolinggo memberikan komentar terhadap pelaksanaan acara ini. “Agenda ini dilakukan guna menindak lanjuti hasil dari kegiatan supervisi daring seminggu yang lalu, harapannya para guru mata pelajaran dapat terus menjaga kualitas layanan akademik sehingga membawa dampak positif seperti yang diharapkan, salah satu hal penting adalah merancang perangkat pembelajaran serta bahan ajar dengan tepat dan efektif”, ungkapnya. Hal ini sinkron dengan pernyataan Eva Heti Wahyuni, S.Pd selaku Waka Kurikulum. “kami menargetkan dalam agenda ini para dewan guru dapat menyelesaikan pemetaan Kompetensi Dasar, program tahunan, program semester, silabus, RPP, bahan ajar, hingga analisis ulangan harian lengkap selama enam semester”, imbuhnya.

         Seiring dengan kemajuan teknologi dan tuntutan di era revolusi 4.0, pendidikan Indonesia terus mengalami perkembangan ke arah lebih baik. Peran pendidik menjadi salah satu ujung tombak dalam kiprah dunia pendidikan Indonesia. Melalui kinerja dan sinergi dari berbagai pihak di lembaga pendidikan, diharapkan generasi emas Indonesia terwujud dan berdaya saing di kancah nasional maupun internasional. “Education is the most powerful weapon you can use to change the world”- Nelson Mandela.

 

 

Reporter          : Sri Wulandari
Editor              : Mohammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk " Pasca Supervisi Virtual, Sma Unggulan Haf-Sa Zainul Hasan BPPT Genggong Probolinggo Terus Jaga Kualitas Layanan Akademik"