Kuliner Legendraris Tahu Tek Telor Victory Di Jl. Suroyo Kota Probolinggo

DAMARIOTIMES - Waktu sudah menunjukan pukul 18.00 WIB, perjalanan damariotimes baru saja sampai di Kota Probolinggo. Setelah berbenah menaruh perlengkapan di penginapan kuno di Jl. Suroyo. Sasaran utama yang akan dilaporkan adalah kuliner Legendaris, yaitu Tahu Tek Telor. Banyak para penjual tahu tek telor di Kota Probolinggo, namun yang lebih dari 10 tahun menjadi langganan setiap singgah di Kota Probolinggo adalah lapak mas Dul, demikian panggilan akrab dari peracik bumbu kacang dan petis, serta cabe. Kuliner tahu tek telor yang legendaris ini dikenal Tahu Tek Telor Victory, karena sebelum dijadikan Geraja Katolik ini dulu adalah hotel Victory.


Lapak mas Dul, Tahu Tek Telor Victory yang legend di Kota Probolinggo (Foto: Ist)

            Mas Dul didampingi oleh temannya, mas Leo yang menyiapkan tahu dan telor untuk digoreng bersama-sama, tangannya yang cekatan itu dalam beberapa menit saja, tahu dan telor telah siap yang dimasukan dalam minyak panas segera tersaji.

            Tahu tek telor vitory ini buka mulai jam 17.00 WIB sampai jam 01.00 WIB malam. Mas Dul waktu dikunjungi Damariotimes tidak terlalu sibuk, mengingat PPKM Darurat yang diberlakukan di Kota Probolinggo belum berakhir. Namun masyarakat Kota Probolinggo tampaknya memiliki kesadaran prokes Kesehatan. Sehingga tahu tek telor Victory ini tidak seperti tahun-tahun sebelum pandemi, sepanjang waktu tidak henti-hentinya diserbu pelanggang. Bahkan mereka dapat menyantap tahu tek telor yang disertai lontong dengan potongan yang mantap. Gelaran tikar yang disediakan hingga kurang lebih 2-3 lembar memanjang didepan trotoar Gereja Katolik Maria Bunda Karmel.

 

Kunjungan Damariotimes di Lapak Tahu Tek Telor Victory Kota Probolinggo (Foto: Ist)


            Mas Dul memang sedikit agak mengeluh, pada saat pandemi ini pelanggan memang berkurang, ada saja yang beli untuk dibawa pulang. Namun omsetnya memang jauh berkurang. Pada saat sebelum pandemi COVID-19 dapat laku kurang lebih 200 porsi. Sekarang untuk menghabiskan 100 porsi saja sangat susah.

            Jika anda ingin menikmati tahu tek telor victory cukup membayar Rp.10.000,- saja, mau pedas atau tidak pedas, langsung request pada mas Dul yang meracik bumbu. Minuman dapat dipesan dilapak sampingnya, ada berbagai minuman panas dan dingin. Teh, susu, dan berbagai minuman instan tersedia, baik panas atau dingin, air mineral juga ada.

 

 

Tahu Tek Telor Victory Kota Probolinggo (Foto: Ist)


            Mas Dul dan Leo yang berdagang di depan Gereja Katolik Maria Bunda Karmel terhitung sejak tahun 2014, namun dagangannya ini sudah lebih dari 30 tahun. Karena lapak ini merupakan warisan dari keluarganya. Sekarang yang mengelola adalah Bumela, kakaknya. Hingga sekarang lapak tahu tek milik Bumela 4 buah yang tersebar di berbagai sudut Kota Probolinggo.

 

 

Reporter          : Muhammad ‘Afaf Hasyimy
Editor              : Robby Hidajat

Posting Komentar untuk "Kuliner Legendraris Tahu Tek Telor Victory Di Jl. Suroyo Kota Probolinggo"