Bakso Telur Mantap Di Dusun Tulus Rejo Kabupaten Lumajang

DAMARIOTIMES - Bakso yang terdapat di berbagai kampung biasanya pedagangnya adalah bapak-bapak. Seorang penjual bakso bisa ditemui di tepi jalan atau juga berkeliling kampung. Kuliner yang kini terus viral dan membara di berbagai sudut kampung salah satunya adalah bakso telur cak Mat mantap. Dimana bakso keliling ini selain varian banyak, rasanya enak, dan juga harganya terjangkau.


Bakso Telur Mantap Cak Mat (Foto: Ist)


Pedagang bakso keliling di Dusun Tulus Rejo 2, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang bernama Bapak Samat. Bapak Samat ini memulai usaha berjualan bakso keliling sejak tahun 2011. Keputusannya untuk memulai usaha ini karena bapak Samat di PHK dari pabrik sembako Tempeh Lor. Kemudian setelah di PHK dari pabrik sembako tersebut, bapak Samat memutuskan untuk beralih profesi dengan memulai berjualan bakso keliling kampung. Tempat penjualan bakso kelilingnya yaitu di Dusun Tulus Rejo 2 kemudian berkeliling sampai Dusun Tulus Rejo 1, Kecamatan Tempeh.

Pak Mat, panggilan akrab pedagang bakso keliling di Dusun Tulus Rejo ini merasa bahwa usahanya mampu untuk dilakukan, karena Pak Mat sudah mempunyai pengalaman membantu orang tuanya. Pak Mat juga mengaku, bahwa membuka usaha bakso ini memerlukan modal Rp.1.500.000 untuk membeli gerobak bakso, bahan-bahan bakso seperti daging sapi, tahu, dan lain sebagainya.

Untuk melakukan usaha ini, Pak Mat dibantu oleh kedua anaknya. Novi Wahyuni selalu membantu ayahnya ketika sedang memasak bakso, sedangkan Chairul Dandi selalu membantu ayahnya membeli bahan-bahan pembuatan bakso ke pasar. Perlengkapan untuk berdagangnya, seperti gerobak untuk menaruh dagangannya dibantu oleh anak laki-lakinya. Sehingga tampilan berdagang bakso keliling ini sudah layak dan pantas untuk di kelilingkan di sekitar dusun. Hal ini dilakukan karena kebutuhan keluarga yang semakin mendesak dan pandemi Covid-19 yang melanda berbagai daerah di Indonesia, termasuk di daerah Lumajang.

Respon masyarakat saat pertama kali berjualan bakso keliling ini sangat laris di semua kalangan. Selain rasanya yang enak, harganya yang sangat terjangkau, dan terdiri dari berbagai macam varian bakso, pelayanan sangat cepat dan ramah yang tentunya akan membuat masyarakat selalu membeli bakso keliling yang dijual oleh Pak Mat. Apalagi harga dari varian bakso yang dijual oleh Pak Mat satu porsi bakso telur Rp.6.000, satu porsi bakso campur hanya Rp.7.000. Jadi keuntungan dari penjualan bakso keliling setiap harinya sekitar Rp.225.000. Maka dari itu, semangat dan antusias Pak Mat untuk berdagang menjadi bertambah. Meskipun hasilnya juga masih tidak terlalu banyak, tetapi hal itu bisa dimaklumi karena menurunnya jumlah pembeli disaat masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.



Reporter : Yeni Fitrianingsih
Editor     :Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Bakso Telur Mantap Di Dusun Tulus Rejo Kabupaten Lumajang"