Asal-Usul Olimpiade Di Dunia

DAMARIOTIMES - Tahukah kamu bahwa Olimpiade sudah terselenggara mulai sekitar 3000 tahun yang lalu. Pada akhir abad ke-19 Olimpiade modern sudah dimulai dan menjadi kompetisi olahraga terbesar di seluruh dunia.


Lambang Olimpiade (Gambar: Pixabay)


            Olimpiade pertama tercatat mulai pada 776 SM yang dilaksanakan di Yunani setiap empat tahun sekali. Perlombaan ini dilaksanakan secara rutin tanpa melihat adanya ancaman hingga taun 393 M. Selama lebih 250 tahun pertandingan Olimpiade terus dilaksanakan di Olympia yang terletak di barat lau Peloponnese. Semua laki-laki dewasa dan anak-anak bebas diizinkan untuk mengikuti olimpiade mulai dari buruh tani hingga anggota kerajaan. Meski yang mengikuti olimpiade adalah tentara.

            Setelah kekaisaran Romawi menaklukkan Yunani pada pertengahan abad 2 SM. Olimpiade terus berlanjut dengan kualitasnya yang menurun. Pada 393 M seorang Kristen yaitu Kaisar Theodosius I menyerukan larangan semua Festival yang mengakhiri Olimpiade kuno yang telah berlangsung selama kurang lebih hampir 12 abad.

            Setelah itu membutuhkan waktu lebih dari 1500 tahun untuk kembali menyelenggarakan Olimpiade. Berkat Baron Pierre de Coubertin (1863-1937) Olimpiade kembali dilaksanakan. Coubertin kembali menyelenggarakan Olimpiade Modern berawal dari kunjungan ke situs Olimpiade kuno yang didedikasikan untuk pendidikan jasmani. Coubertin terwujud pada November 1892 di pertemuan Union des Sports Athletiques di Paris. Pada pertemuan tersebut Coubertin mengusulkan kembali untuk diselenggarakan Olimpiade sebagai kompetisi internasional yang akan diadakan setiap empat tahun sekali.

            Gagasan ini baru terwujud dan mendapatkan persutujan Komite Olimpiade Internasional dua tahun kemudian yang menjadi cikal bakal badan pengatur Olimpiade Modern. Ide Coubertin terwujud pada 6 April 1896 yang diawali dengan diadakannya pembukaan ajang Olimpiade modern pertama di Yunani. Pada 1994 Olimpiade musim dingin diperkenalkan dan diselenggarakan terpisah setiap dua tahun dengan Olimpiade musim panas. Dalam sejarah penyelenggaraan Olimpiade tercatat sebanyak tiga kali dibatalkan karena Perang Dunia I (1916), dan Perang Dunia II (1940,1944). Lalu pada baru-baru ini Olimpiade Tokyo 2020, Olimpiade terpaksa ditunda hingga tahun 2021 karena adanya pandemic COVID-19.


Editor: Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Asal-Usul Olimpiade Di Dunia"