Pesta Demokrasi Tingkat Kampung Di RW 06 Janti Selatan Kelurahan Bandungrejosari Kecamatan Sukun Kota Malang

DAMARIOTIMES - Pergantian kepemimpinan dalam sistem demokrasi di Indonesia ini merupakan suatu yang memberikan Pendidikan politik, bahkan juga menyiapkan potensi para pemimpin yang memiliki visi kedepan menuju tercapainnya masyarakat Indonesia yang adil dan makmur.

            Pergantian kepemimpinan juga dilaksanakan mulai dari tingkat yang paling bawah, yaitu RT dan RW, karena komunitas masyarakat ditingkat yang paling bawah ini yang menentukan keterikatan sosial, dan gerak maju pertumbuhan masyarakat yang sadar terhadap demokrasi.

            Pesta Demokrasi tingkat Kampung di RW. 06 Janti Selatan Kelurahan Bandungrejosari Kecamatan Sukun Kota Malang dilaksanakan pada hari Minggu, Tanggal 12 September 2021 yaitu pemilihan ketua Rukun Warga (RW) dan secara serentak juga dilaksanakan pemilihan RT, mulai dari RT 01-05.

            Pemilihan ketua Rukun Tetangga (RT) dilaksanakan secara serentak disetiap lingkungan RT masing-masing, calon RT sudah sisiapkan dengan dengan cara mengajukan 4 nama yang akan dipilih secara langsung. Kondisi pemilihan serentak disetiap RT, tampak meriah, karena warga yang telah memenuhi usia pilih berdatangan satu persatu.

            Kondisi pemilihan RW yang dilaksanakan di kantor RW Janti Selatan yang diselenggarakan mulai Pukul 08.00 hingga 10.00 WIB, didatangi seluruh warga RW. 06 Janti Selatan secara bergantian. Setiap warga yang datang menyadari protokol Kesehatan masing-masing, sehingga tidak terjadi penggrombolan warga yang datang.

            Ketua Panitia, Dedik Supratikto menjelaskan, bahwa pemilihan RW ini merupakan mandat dari Kelurahan yang telah disampaikan 3 bulan yang lalu, bulan Juli 2021. Sehingga praktis persiapan untuk pesta demokrasi tingkat RW ini kurang lebih 1 bulan. Selanjutnya Dedik Supratikto menginformasikan, bahwa personil untuk menyelenggarakan pesta demokrasi ini sepuluh orang. Setiap RT di wakili oleh dua orang. Lumayan dalam waktu yang tidak terlalu lama, semua anggota dengan siap dan tanggap telah melaksanakan tugas masing-masing dengan baik. Hal ini merupakan cermin kerja cepat, tanggap, dan tepat.

            Kerja yang telah dipesiapkan adalah menjaring calon ketua RW yang terdiri dari 3 orang, sudah barang tentu mereka yang mencalonkan diri ini merupakan warga terbaik dan telah memiliki dedikasi yang tidak diragukan lagi, Hariyono bermoto Jujur dan Trasparan, Atim Sulala bermoto lanjutkan, dan Aksim Mintoroto (inkamben) bermoto Maju dan Sejahtera.   

 

 

 Tiga calon RW. 06 Janti Selatan dengan motonya (Foto: Ist.)

             Pada pelaksanaan pesta demokrasi tingkat RW. 06 ini juga didukung oleh masyarakat dengan menyediakan jajanan dan minuman. Bagi mereka yang telah menunaikan haknya memilih, dapat mampir mencicipinya. Sudah barang tentu bagian konsumsi ini memberikan dukungan yang menjadi para pemilih merasa bersemangat.

  

Suasana warga yang telah selesai memilih, mencicipi jajanan yang disediakan panitia (Foto: Ist.)


Tepat pukul 10.00 WIB kesempatan warga RW. 06 Janti Selatan untuk menunaikan hak pilihnya ditutup dan dilakukan penghitungan suara. Sejumlah warga yang telah memilih dicatat di RT masing-masing. Secara komulatif komposisi hasil pemilihan untuk masing-masing calon seluruh RT. 06, yaitu Hariyono mendapatkan 240 suara, Atim Sulala mendapatkan 71 suara, dan Aksim Mintoroto 264 suara.  Hasil yang telah diperoleh tersebut akan dilaporkan ke tingkat kelurahan untuk ditetapkan secara resmi, bagi yang mendapatkan mandat sebagai RW. 06 Janti Selatan periode 2021-2024.

Tentunya proses ini belum selesai, penitia tentunya terus akan mengawal dan juga berharap. Seluruh panitia pelaksanaan pesta demokrasi sangat berharap, seperti yang ditegaskan oleh Dedik Supratikto, bahwa kondisi lingkungan RW. 06 Janti Selatan tetap dalam kondisi yang aman, masyarakatnya semakin rukun, ikatan sosialnya semakin kuat, dan meningkatkan pembangunan diberbagai sektor semakin meningkat.

 

 

Reporter          : Robby Hidajat
Editor              : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Pesta Demokrasi Tingkat Kampung Di RW 06 Janti Selatan Kelurahan Bandungrejosari Kecamatan Sukun Kota Malang"