Ali Zulfan Yustigfar Pendiri Sanggar Seni Tandha Buwana di Kota Batu

DAMARIOTIMES - Gamelan adalah salah satu alat music tradisional asli dari Indonesia, bahannya terbuat dari berbagai jenis logam, mulai dari besi hingga yang paling bagus adalah perunggu. Produksi gamelan juga membutuhkan proses yang lama mulai dari menentukan ukuran bilah balungan (saron, demung, peking), lalu menimpa logam, hingga menentukan laras.


Foto: Ist


Seorang pemuda bernama Ali Zulfan Yustigfar (20 tahun), asal dari Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu yang sangat menyukai music tradisional, salah satunya adalah gamelan. Hampir semua lagu yang ada di handphonenya berisi gending-gending jawa mulai dari lancaran hingga ladrang. Ali Zulfan Yustigfar yang sering panggil “Cak Jul”. Panggilan itu muncul karena ia adalah salah satu yang tertua dilingkup pertemananya.

Cak jul tidak hanya mendengarkan musik tradisional tetapi ia juga sebagai pemain gamelan itu sendiri. Hobi bermain gamelan itu sendiri sudah dilakukan mulai dari SMP, waktu itu disekolahnya terdapat ekstrakurikuler karawitan. Tidak hanya ekstrakurikuler ia juga bergabung dalam Sanggar Karawitan Indonesia, lalu pindah bergabung Sanggar Suara Untuk Indonesia, lalu ia pindah lagi dan bergabung Sanggar Darma Pertiwi, dan akhirnya ia sekarang bergabung di Sanggar Seni Tandha Buwana.

Cak Jul adalah salah satu pendiri Sanggar Seni Tandha Buwana yang berada di Kota Batu. Cak Jul dan teman-temannya mendirikan sanggar ini karena kecintaannya kepada gamelan. Ia juga ingin meregenerasi pemain gamelan yang ada di Kota Batu itu sendiri. Karena di Kota Batu sendiri sudah jarang pemain gamelan yang masih muda, kebanyakan penabuh gamelan di Kota Batu sudah tua. Sehingga ia mendirikan Sanggar Seni Tandha Buwana yang bergerak pada bidang karawitan.

Tidak hanya di Sanggar Seni Tandha Buwana ia bermain gamelan, tetapi di kampusnya ia juga aktif bermain gamelan. Cak Jul juga mengikuti banyak event, mulai dari Festival Brantas, Festival Musik Patrol, Pekan Seni Pelajar, Pengerawit Festival Dalang Bocah, Pengiring Festival Nasional Reog Ponorogo, Pengrawit Festival Pesisir Utara, Pengerawit Festival Karya Tari Jawa Timur, dan masih banyak lagi.

 

Reporter : Luigi Monttella Putra Aka
Editor : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Ali Zulfan Yustigfar Pendiri Sanggar Seni Tandha Buwana di Kota Batu"