SMA Unggulan Haf-Sa Zainul Hasan BPPT Genggong Kabupaten Probolinggo Ikuti Supervisi Virtual Penyelenggara Sistem Kredit Semester (SKS)

DAMARIOTIMES – Pandemi Covid-19 bukan menjadi penghalang bagi satuan pendidikan untuk terus menjaga kualitas pendidikan. Salah satu kebijakan yang ditempuh oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur adalah melaksanakan supervisi ditingkat satuan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang menyelenggarakan sistem pembelajaran berbasis Sistem Kredit Semester (SKS).


Tim responden supervisi dari SMA Unggulan Haf-Sa Zainul Hasan BPPT Genggong Kabupaten Probolinggo (Foto: Wulan)

Kegiatan supervisi diadakan secara virtual melalui Zoom Meeting yang diagendakan terhitung sejak tanggal 23 Agustus hingga 1 September 2021. Penggalian data melalui ranah virtual untuk menelaah dokumen, observasi, dan wawancara guna melihat mutu lulusan, mutu layanan SKS, serta pengelolaan pembelajaran dan penilaian. Adapun responden yang menjadi sasaran adalah kepala sekolah, waka kurikulum, penjamin mutu, guru mata pelajaran, guru BK (Bimbingan Konseling), komite sekolah, wali kelas, dan orang tua siswa.

Secara kuantitas, di Jawa Timur per-tahun 2021 telah terdapat 18 SMA baik negeri maupun swasta yang telah menyelenggarakan pembelajaran berbasis SKS. Salah satu diantaranya adalah SMA Unggulan Haf-Sa Zainul Hasan BPPT Genggong Kabupaten Probolinggo. Sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Hafsawaty Zainul Hasan Genggong, Pajarakan Kabupaten Probolinggo telah menyelenggarakan sistem pembelajaran berbasis SKS sejak tahun 2015 silam ini berkesempatan untuk disupervisi secara virtual pada hari Kamis, 26 Agustus 2021. Bertindak sebagai pewawancara adalah Dr. Ninik Kristani, M.Pd dan Zainal Arifin.


Kegiatan supervisi SMA penyelenggara SKS secara virtual Bersama Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur (Foto: Wulan


Adapun tim yang menjadi responden dari SMA Unggulan Haf-Sa Zainul Hasan BPPT Genggong terdiri dari M. Inzah, M.PdI (Kepala Sekolah), Eva Heti Wahyuni, S.Pd dan Harisul Islam, S.Pd (Waka Kurikulum), Vina Agustina, S.Pd (Penjamin Mutu), Drs. Samsul Aripin (Waka Humas), Abdullah, S.HI (Waka Kesiswaan), Febrina Ari Suci, S.Pd (BK), Abdul Mufid, S.Pd.I (Wali Kelas), Sri Wulandari, M.Pd (Guru Mata Pelajaran), M. Alan Nuril Anwar, S.Pd (Penjab Unggulan), Zainullah, S.Pd.I (IT), Budi Wardana, S.T (Komite Sekolah), dan Atiqatul Maula (Orang Tua Siswa). Acara digelar di ruang komputer SMA Unggulan Haf-Sa Zainul Hasan BPPT Genggong Probolinggo dan berlangsung lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yakni memakai masker.

“Alhamdulillah, lembaga kami telah menyediakan layanan pendidikan berbasis SKS untuk para santri-santriwati yang memiliki kemampuan kecepatan dalam belajar. Pada awalnya kami memakai sistem akselerasi, namun pada 2015 berkembang dan berlanjut hingga saat ini menjadi sistem SKS. Dengan adanya sistem SKS ini sangat membantu sekolah dalam membangun budaya yang kompetitif antar para santri-santriwati, membangun disiplin kebersamaan sehingga dampaknya sangat kami rasakan,“ ujar M. Inzah, M.Pd.I. Melalui sistem SKS, sekolah ini tak hanya mencetak calon-calon generasi bangsa yang unggul baik akademik dan non akademik di tingkat nasional maupun internasional, namun juga para lulusannya memiliki karakter religiusitas dan dedikasi tinggi serta berdaya saing.

Bukti nyata adalah SMA Unggulan Haf-Sa Zainul Hasan BPPT Genggong prestasi-prestasi maupun penghargaan dalam kurun beberapa tahun terakhir sangat banyak. Grafik terserapnya para lulusan baik di dunia kerja maupun perguruan tinggi favorit dari sekolah ini mengalami peningkatan siginifikan. Sejalan dengan hal tersebut Atiqatul Maula sebagai perwakilan salah satu orang tua santriwati memberikan kesaksian. “Saya bangga anak saya (Sayu Tsuroyyah Alfiatul Lubaba) bisa bersekolah disini menempuh pendidikan berbasis SKS selama 2 tahun dan diterima di Jurusan Farmasi, Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang melalui jalur SBMPTN. Dalam hal keagamaan juga sangat luar biasa didikan para guru disini, anak saya disiplin waktu untuk urusan sholat fardhu dan sunnah (Tahajud dan Dhuha) tanpa disuruh”, terang Atiqatul Maula. Pada kesempatan tersebut, sebelum acara resmi ditutup Dr. Ninik Kristiani, M.Pd memberikan apresiasinya terkait supervisi terhadap SMA Unggulan Haf-Sa Zainul Hasan BPPT Genggong, secara umum sekolah ini sudah bagus untuk layanan pendidikan berbasis SKS.



Reporter          : Sri Wulandari
Editor              : Muhammad ‘Afaf Hasyimy


Posting Komentar untuk "SMA Unggulan Haf-Sa Zainul Hasan BPPT Genggong Kabupaten Probolinggo Ikuti Supervisi Virtual Penyelenggara Sistem Kredit Semester (SKS) "