LETTING GO! Seni Menguasai Fokus Pikiran Anda!

DAMARIOTIMES - Saya sangat yakin bahwa banyak diantara Anda yang membaca artikel ini memiliki satu atau dua kenangan atau memori yang melekat sangat kuat dalam benak Anda. Terkadang beberapa dari kenangan tersebut sangat indah atau menyenangkan sehingga tertanam dengan sangat kuat dalam alam bawah sadar Anda. Namun juga tidak jarang ada juga kenangan atau memori tidak menyenangkan yang seolah seperti menghantui Anda, ingin rasanya melupakan hal itu namun semakin Anda berusaha melupakannya yang terjadi justru sebaliknya, Anda malah semakin mengingatnya dengan jelas dalam pikiran Anda! Apa yang terjadi sebenarnya? Dan bagaimana cara mengatasinya?





Untuk menjawab dua pertanyaan tadi maka Anda harus paham dulu cara kerja dari pikiran manusia dalam melakukan proses perekaman suatu kejadian dalam hidup Anda. Secara sederhana, otak Anda merekam sekitar 11 juta bit-data per detik dalam berbagai bentuk dengan kelima indra Anda! Namun hanya sebagian kecil saja yang mudah diakses oleh pikiran sadar Anda dan faktor yang mempengaruhi dari kemudahan akses tadi adalah EMOSI. Jadi semakin kuat emosi yang Anda tanamkan dalam ingatan tersebut maka semakin mudah juga pikiran sadar Anda mengakses ingatan tadi. Dan tentu saja emosi yang kita bicarakan disini bukan hanya tentang emosi positif tapi juga emosi negatif. Otak Anda tidak akan memilah apakah kenangan tadi memiliki emosi positif atau negatif, selama ada emosi yang kuat tertanam dalam ingatan tersebut, maka ingatan tersebut akan sangat mudah diakses oleh pikiran sadar Anda. Dan sangat disayangkan sekali bahwa sebagian besar umat manusia begitu melekat dengan emosi negatif, sehingga sering kita temui bahwa ingatan yang paling melekat pada seseorang adalah ingatan yang berkaitan dengan emosi negatif entah itu dendam, kemarahan, benci, takut dan lain sebagainya.

Setelah kita mengetahui cara kerja otak merekam informasi, berikutnya kita akan masuk pada cara kerja FOKUS PIKIRAN manusia. Seperti yang sudah saya sampaikan pada paragraf sebelumnya Bahwa pikiran sadar Anda akan dengan sangat mudah mengakses ingatan atau memori yang memiliki emosi kuat didalamnya, tidak perduli apakah itu emosi positif atau negatif. Dan kemudahan tersebut dapat menjadi berkat atau bencana tergantung dari berapa kuat emosi yang melekat pada ingatan tersebut. Kenapa? Karena pikiran sadar Anda memiliki sifat dasar yang cukup sederhana yaitu dia akan menaruh fokusnya pada hal yang Anda beri emosi paling kuat dan selama Anda tidak merubah arah fokus dari pikiran sadar Anda pada emosi lain maka dia akan teeus mengarahkan fokusnya pada hal dengan emosi terkuat tidak perduli apakah itu emosi positif atau negatif. Dan disinilah KUNCINYA!

Jika Anda ingin melupakan hal yang menjadi trauma bagi Anda,  ingatan yang tidak menyenangkan bagi Anda maka jangan pernah taruh perhatian Anda pada kenangan tersebut! Sebagai gantinya Anda harus memikirkan hal lain yang sama sekali tidak berkaitan dengan kenangan tidak menyenangkan tadi atau hal yang membuat Anda trauma.

Jangan berusaha melawan ingatan tersebut dengan mengatakan, "Saya sudah tidak benci lagi dengan si A", atau "Saya sudah tidak takut lagi dengan hal yang membuat Saya trauma"! Kenapa? Dengan Anda mengatakan hal semacam itu maka pikiran sadar Anda masih akan menghubungkan kalimat tadi dengan kenangan atau memori yang ingin Anda hilangkan sendiri. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Caranya sangat sederhana misal Anda ingin melupakan kenangan tentang seseorang yang Anda tidak suka. Maka sebagai ganti dari berkata bahwa Anda sudah tidak membenci dia, Anda taruh pikiran Anda seutuhnya pada hal lain yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan orang tersebut! Baik itu fokus pada yang Anda kerjakan saat ini atau Anda fokus pada main game atau hal lain yang sama sekali tidak berhubungan dengan orang tadi. Dengan melakukan hal tersebut maka pikiran sadar Anda secara alami akan mengganti fokusnya pada hal yang saat ini tengah Anda kerjakan dan tidak akan mengingat lagi dari kenangan akan orang Tersebut. Bila Anda tertarik untuk memahami lebih dalam tentang hal ini saya telah menyiapkan sebuah video yang khusus membahas tentang hal ini Anda bisa langsung melihatnya pada link di bawah. Semoga tulisan ini bermanfaat dan terima kasih.

 



 

Youtube Channel:  Kornelius Ardi Irianto
Editor: Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "LETTING GO! Seni Menguasai Fokus Pikiran Anda!"