Satgas Pengabdian Masyarakat LP2M Universitas Negeri Malang Merancang Pembelajaran Online Untuk Sanggar Tari Senaputra Malang

DAMARIOTIMES - Sanggar tari Senaputra Malang yang berdiri sejak tahun 1982, memiliki siswa yang tersebar diberbagai daerah dan instansi, bahkan diantara mereka juga sudah ada yang jadi pelatih seni tari. Peran sanggar tari ini sebagai tempat pengembangan bakat seni tari sangat potensial sekali, utamanya di Kota Malang.


Cover web media online Sanggar Tari Senaputra Malang (Foto: Ist) 

            Perjalanan sanggar senaputra dari waktu ke waktu, memiliki dinamika, baik secara internal atau eksternal. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan terus berusaha. Utamanya masa kepemimpinan Sofiana, S,Pd. Bekal pengalaman membina pelatih, dan menjalin komunikasi dengan orang tua siswa sudah tidak diragukan lagi. Selama ini tidak ada masalah yang berarti, namun ketika pandemi COVID-19 melanda Indonesia pada bulan Maret 2020. Sofiana merasa tidak berdaya, sungguhpun para orang tua siswa terus mendesak untuk membuka kembali kegiatan belajar menari.

            Menjelang bulan Agustus 2020, sanggar mulai dibuka kembali dengan protokol Kesehatan ketat, bahkan sejumlah ketentuan untuk mencegah penularan virus sangat diantisipasi. Sofiana sebagai koordinator pelatih benar-benar mengawasi dengan cermat, bahkan selalu mengingatkan ibu-ibu yang mengantar untuk tidak berkerumun. Siswa harus menjaga jarak dan tidak diperkenankan membagi makanan atau minuman pada teman.

            Pembukaan pelatihan di awal tahun 2021 juga masih dipertimbangkan, bahkan siswa yang mengikuti pelatihan juga mengalami penyusutan. Kondisi ini menarik perhatian dari satgas Pengabdian Kepada Masyarakat, yakni Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Malang untuk membantu membuatkan menyiapkan media belajar online bagi siswa dan pelatih Sanggar Tari Senaputra Malang. Proses produksi dan penyiapan sudah dilakukan sejak bulan Maret 2021, yaitu meliputi observasi materi, pengambilan gambar materi tari, teknik pelatihan, dan peragaan materi tari. Bahkan perancangan dengan menyiapkan web khusus “Sanggar Senaputra”.


Proses pengambilan video mengajar pelatih Sanggar Tari Senaputra (Foto: Ist)

            Rencana kerjasama antara satgas LP2M UM dan Sanggar Senaputra Malang ke depan, yaitu siswa Sanggar Tari Senaputra Malang dapat mengikuti pelatihan secara online dengan mengakses media belajar dari smartphone atau laptop. Demikian juga para pelatih juga dapat memasukan konten materi pembelajarannya. Langkah kerjasama ini disepakati karena pembelajaran selama kondisi pandemi COVID-19 tidak dapat diperkirakan secara tepat, kapan akan berakhir.

            Selama penyiapan dan proses perancangan media online, PPKM Darurat level 4 diberlakukan sejak bulan juli 2021. Bahkan mengalami beberapa kali perpanjangan hingga dimungkinkan tanggal 30 Agustus 2021. Hal ini semakin memperkuat, tim Pengabdian Masyarakat dari LP2M Universitas Negeri Malang yang diketuai Dr. Robby Hidajat, M.Sn. merasa bahwa pengajaran seni tari di Sanggar Senaputra Malang diperlukan untuk diberikan dukungan penuh.

            Sofiana yang ditemui Damariotimes, merasa was-was akan memulai latihan kembali dibulan September. Sungguhpun aplikasi yang disiapkan oleh tim pengabdian masyarakat LP2M UM sudah siap, namun untuk menyiapkan aplikasi tersebut membutuhkan sosialisasi pada pelatih, dan menyiapkan administrasi yang mengoperasionalkan. Namun upaya ini untuk tetap mematuhi PPKM Darurat ini memang membutuhkan pertimbangan yang cermat.  



Reporter          : Harda Gumelar
Redaktur         : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Satgas Pengabdian Masyarakat LP2M Universitas Negeri Malang Merancang Pembelajaran Online Untuk Sanggar Tari Senaputra Malang "