KARMA Merupakan Hak Istimewa Yang Diberikan Tuhan Kepada Manusia

DAMARIOTIMES - Ada sebuah kata yang menjadi semacam misteri di dalam pikiran dari sebagian besar umat manusia, atau mungkin justru Anda sendiri yang bertanya - tanya tentang misteri dibalik kata ini. Apa sih sebenarnya kata tersebut? Kata tersebut adalah "KARMA".




Ketika kita membahas tentang KARMA, hal apa yang pertama terlintas di dalam pikiran Anda? Mungkin hal pertama yang muncul dalam benak pikiran Anda tentang kata ini adalah, sebuah hukum sebab-akibat, atau hukum tabur-tuai. Dimana seseorang akan menuai atau mendapatkan sesuatu yang setimpal dengan apa yang pernah dia perbuat di masa yang sudah lampau, atau bahkan beberapa orang memiliki persepsi atau pandangan yang mistis dan malah cenderung negatif tentang kata ini. Pemikiran semacam itu adalah sebuah representasi umum dari pandangan orang - orang tentang makna kata KARMA yang menjadi pembahasan kita kali ini. sebenarnya sebagian dari pemahaman tersebut tidaklah salah, namun juga bukan berarti sepenuhnya tepat. Kenapa? Untuk menjawab pertanyaan ini maka kita harus mencari tahu terlebih dahulu tentang akar kata dari KARMA itu sendiri.

Jika kita merujuk pada etimologi atau akar kata dari KARMA itu sendiri maka kita akan menemukan bahwa kata "KARMA" berasal dari bahasa Sanskrit : कर्म, yang memiliki makna : aksi, perbuatan, atau tindakan. Yang berarti memang benar bahwa tindakan atau perbuatan Anda memiliki hubungan dengan KARMA itu sendiri. Namun apakah hanya berhenti di situ sajakah pengertian tentang kata ini? Tentu saja TIDAK!

Berdasarkan penuturan dari seorang Yogi yang bernama Jaggi Vasudev seorang Spiritualis asal India yang mungkin lebih Anda kenal dengan sebutan Sadhguru. KARMA itu sendiri memiliki makna yaitu, "Penyerahan wewenang dari Tuhan kepada manusia, yang dalam hal ini berarti manusia diberikan hak untuk menentukan nasibnya sendiri".

Artinya, KARMA itu sendiri bukanlah sekedar hukum tabur-tuai seperti yang banyak orang pikirkan, bukan juga merupakan hal yang berbau mistis dan klenik, atau juga sebuah kata yang memiliki makna negatif. Namun KARMA merupakan Hak Istimewa yang diberikan Tuhan kepada manusia untuk dapat menentukan nasib mereka sendiri berdasarkan tindakan yang dia ambil, KARMA adalah sebuah kata yang merepresentasikan sebuah kemungkinan baru yang dimiliki manusia, bahwa memang benar tindakan atau perbuatan manusia dapat berdampak negatif bagi dirinya sendiri, namun itu juga berarti bahwa tindakan yang dilakukan manusia dengan penuh kesadaran juga dapat membawa kebaikan yang luar biasa besar bagi dirinya.

Dan dengan mendapatkan cakrawala pemahaman baru tentang KARMA maka minimal saat ini Anda sudah mengetahui bahwa baik atau buruknya segala sesuatu di dalam kehidupan Anda adalah hasil dari tindakan Anda di masa lalu. Dan apa yang akan terjadi di masa depan adalah hasil dari tindakan Anda saat ini. Pertanyaannya adalah,

"Tindakan apa yang saat ini akan Anda ambil untuk menuai KARMA baik di masa yang akan datang?".

Anda sendirilah yang harus menjawabnya!



Channel Youtube: Kornelius Ardi Irianto
Editor: Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "KARMA Merupakan Hak Istimewa Yang Diberikan Tuhan Kepada Manusia"