"Sang Amurwabumi Tata Kutaraja" Tampil Sebagai Juara Favorit Pilihan Penonton di Pentas Seni APEKSI 2024 Balikpapan


foto bersama setelah penampilan (Foto ist.)


Damariotimes. Pada tanggal 4 Juni 2024, tampilan koreografi etnik tradisi dari Kota Malang memukau penonton di arena Pentas Seni APEKSI 2024, Balikpapan, Kalimantan Timur. Dalam pentas ini, DIKBUD Kota Malang menampilkan sebuah pertunjukan yang mengusung cerita "Sang Amurwabumi Tata Kutaraja."

Pertunjukan ini didukung oleh 16 penari, terdiri dari 10 penari perempuan dan 6 penari laki-laki, yang berhasil menghidupkan nuansa tradisi Malang. Berasal dari seni Topeng Malang, koreografi ini dikreasikan dengan citarasa modern, sehingga menciptakan sebuah tampilan yang inovatif dan menggugah.

Cerita "Sang Amurwabumi Tata Kutaraja" menggambarkan filosofi kepemimpinan ideal yang terinspirasi dari sosok raja pertama Kerajaan Singosari, Sri Ranggah Rajasa Bhatara Sang Amurwabhumi, pada tahun 1222. Dalam koreografi ini, empat karakteristik utama seorang pemimpin yang bijaksana menjadi sorotan utama: penjaga alam semesta dan tanah air, pelindung dan pengayom rakyat, penegak keadilan dan tata tertib, serta bijaksana dan bermoral. Setiap aspek gerakan tari dan formasi diarahkan untuk menjadi tanda yang bermakna dan harmonis. Koreografi ini berhasil menyajikan penggambaran naratif simbolik yang mendalam, dengan sentuhan modern yang tetap menghormati akar tradisi.

Pengumuman hasil kejuaraan dilaksanakan pada acara penutupan, tanggal 6 Juni 2024. Pada saat itu, pertunjukan "Sang Amurwabumi Tata Kutaraja" dinobatkan sebagai Juara Favorit Pilihan Penonton. Predikat ini menunjukkan bahwa penampilan tersebut sangat diminati dan diapresiasi oleh penonton.

Tidak hanya berhasil memukau penonton di lokasi, tampilan ini juga disiarkan secara langsung melalui channel YouTube APEKSI 2024 Balikpapan, sehingga dapat dinikmati oleh penonton yang lebih luas. Pengakuan sebagai Juara Favorit ini menunjukkan bahwa inovasi tradisi yang diusung oleh DIKBUD Kota Malang melalui "Sang Amurwabumi Tata Kutaraja" mampu mengangkat dan memperkenalkan kekayaan budaya Malang kepada khalayak luas, serta memberikan inspirasi tentang nilai-nilai kepemimpinan yang bijaksana dan bermoral.

Dengan penghargaan ini, DIKBUD Kota Malang berharap dapat terus melestarikan dan mengembangkan seni budaya tradisional yang mereka miliki, serta menginspirasi generasi muda untuk mencintai dan menjaga warisan budaya mereka.

 

Reporter : R.Dt.

Editor     : MAH

 

Posting Komentar untuk ""Sang Amurwabumi Tata Kutaraja" Tampil Sebagai Juara Favorit Pilihan Penonton di Pentas Seni APEKSI 2024 Balikpapan"