Malam Bersejarah di Dewan Kesenian Malang: Pagelaran Wayang Topeng “Mbalike Pusoko Gedong Smoro Denok”


 lakon "Mbalike Pusoko Gedong Smoro Denok" di DKM (Foto Arimbawa)


Damariotimes. Sabtu malam, 1 Juni 2024, Dewan Kesenian Malang di Jl. Mojopahit No. 3 menjadi pusat perhatian para pecinta seni tradisional. Sanggar Patma Puspita, di bawah pimpinan Santi Peni Prasetyo, menggelar pagelaran Wayang Topeng dengan lakon "Mbalike Pusoko Gedong Smoro Denok".

Acara ini dibuka dengan tari Beskalan yang memukau, diikuti oleh karya-karya legendaris Chattam Ar. seperti Tari Kebar Malang dan Gading Alit. Tarian-tarian tersebut mengingatkan kembali pada masa kejayaannya di tingkat provinsi pada tahun 1990-an, menghidupkan kembali keindahan dan kekayaan budaya Kota Malang.

Lakon "Mbalike Pusoko Gedong Smoro Denok," yang disutradarai dan dikoreografi oleh Heri Budianto, adalah adaptasi dari cerita "Gunungsari Kembar" karya Karimoen dari Sanggar Wayang Topeng Asmarabangun. Cerita ini jarang ditampilkan karena dianggap tabu di beberapa daerah, namun memiliki makna mendalam sebagai simbol pemulihan sosial; rehabilitasi atau imunitas sosial. Pengiring musik gamelan dari Karimoen Center Kedungmonggo menambah keindahan pagelaran malam itu.

Pj. Wali Kota Malang, Dr. Ir.Wahyu Hidajat, MM., hadir memberikan sambutan hangat. Beliau menyampaikan rasa bangga terhadap pagelaran ini dan berkomitmen untuk lebih memperhatikan perkembangan seni di Kota Malang. Kehadiran jajaran pimpinan instansi terkait, seperti Kepala Disporapar, Kepala DIKBUD, dan Kepala Diskominfo Kota Malang, turut memberikan dukungan dan apresiasi terhadap acara ini.

Malam itu, Dewan Kesenian Malang dipenuhi dengan antusiasme dan kekaguman dari para penonton. Pagelaran ini bukan hanya sekedar hiburan, tetapi juga merupakan pengingat pentingnya pelestarian seni budaya tradisional yang menjadi identitas dan kebanggaan masyarakat. "Mbalike Pusoko Gedong Smoro Denok" berhasil menghadirkan malam yang penuh kenangan dan harapan untuk masa depan seni di Malang.

 

Reporter : R.Dt.

Editor     : MAH

1 komentar untuk "Malam Bersejarah di Dewan Kesenian Malang: Pagelaran Wayang Topeng “Mbalike Pusoko Gedong Smoro Denok”"

  1. Alhamdulillaah saya bangga dan memberikan apresiasi yang sedalam-dalamnya kepada para pelaku budaya sehingga seni budaya di kota Malang tetap lestari...Tetap semangat dan maju terus para pelaku seni budaya (Seniman) Kota Malang...

    BalasHapus