Batik Panji Gajah Mina selesai diproduksi di laboratorium Pengembangan batik di SMK N 7 Nalang


Batik Panji Gajah Mina rampung di produksi (Foto ist.)




          Damariotimes, Malang, 2 Februari 2024 - Batik Panji Gajah Mina karya Robby Hidajat dari Prodi Pendidikan Seni Tari dan Musik Departemen Seni dan Desain FS Universitas Negeri Malang telah selesai diproduksi di laboratorium Pengembangan Batik di SMK N 7 Nalang. Tim ahli di SMK N 7 Malang berhasil menyelesaikan proses pembuatan batik tulis, mulai dari pencantingan, pewarnaan, hingga proses fenesingnya.

Batik Panji Gajah Mina mengisahkan kisah Sekartaji yang diculik oleh Nini Thotok Kerot, putri Begawan Gajah Abuh. Sekartaji diculik dari istana Jenggala, sementara Nini Thotok Kerot berubah menjadi Dewi Sekartaji. Meskipun keraton Jenggala yang dijaga oleh Panji Gadingan dan Layaran tidak dapat mendeteksi kehadiran siluman, Nini Thotok Kerot berhasil masuk ke dalam keraton Jenggala didampingi oleh prajurit Sabrang.

Sekartaji yang diculik oleh Nini Thotok Kerot dihanyutkan di sungai dan kemudian ditemukan oleh Gajahmina, makhluk kedewataan yang menyempurnakan jiwa ke alam kadewatan. Gajahmina menahan dan menyelamatkan Sekartaji di antara ikan-ikan, memberikan pertolongan yang memungkinkan Dewi Sekartaji menyelamatkan diri dan berubah wujud menjadi seorang kesatria. Kesatria ini kemudian menyadarkan Panji Asmarabangun bahwa yang berada di istana adalah Dewi Sekartaji Palsu.

Sebelum dikoleksi, batik Panji Gajah Mina ini telah dibeli oleh salah satu guru di SMK N 7 untuk dijadikan busana khusus. Produksi batik di Malang memiliki potensi besar, tetapi sayangnya tenaga produktifnya masih kurang. Belum ada perajin yang secara kreatif dan produktif mampu menghasilkan batik tulis berkualitas setiap hari.

 

Reporter    : H. Gumelar

Editor        : MAH

 

Posting Komentar untuk "Batik Panji Gajah Mina selesai diproduksi di laboratorium Pengembangan batik di SMK N 7 Nalang"