Batik Panji Gajah Mina Laku Rp. 1.000.000.- (satu juta rupiah)

 


 Heny Purnamawati, S.Pd., Gr. berhasil mengkoleksi Batik Gajah Mina (Foto ist.)

Damariotimes. Malang, 5 Februari 2024. Batik Panji Gajah Mina karya Dr. Robby Hidajat, M.Sn. yang diproduksi di Studio pengembangan Batik di SMK Negeri 7 Malang laku terjual Rp. 1.000.000.- (satu juta rupiah). Batik tersebut sudah Didesain kurang lebih 3 bulan yang lalu. Batik itu baru dikerjakan kurang lebih satu bulan yang lalu, dengan dikerjakan pencantingannya oleh Emilia Maulana, salah satu siswa di SMK Negeri 7 yang telah memiliki keterampilan mencanting setingkat perajin batik tulis. Ini merupakan asset yang sangat berharga bagi SMK N 7 Malang.

Semula ide batik Panji Gajah Mina ini ketika berkunjung ke Bali, tepatnya di pantai Pelabuhan Sanur di Kota Denpasar, Bali. Asiterktur Pelabuhan yang unik ini di rancang berukir patung kepala gajah dengan ekor ikan. Nyoman Popo Priyatno Danes, arsitek gedung Pelabuhan Sanur merancang model bangunan berbentuk mencadik (perahu cadik) yang menyimbulkan keseimbangan. Model Gajah Mina memiliki makna yang identik dengan Lingga-Yoni, lambang keabadian Dewa Siwa. Gajah disimbolkan sebagai sifat maskulin (laki-laki) dan mina (ikan) disumbolkan sebagai sifat feminisne. Konsep dualitas ini sebagai simbol keseimbangan yang abadi, seperti filsafat Tiongkok “Yin-Yang”. Konsep tersebut oleh Dr. Robby Hidajat. M. Sn. Didesain dengan menggambangkan mitologi lakon Wayang Topeng Malang yaitu dengan mengangkat lakon Bader Bang Sidik Kencana, yaitu hilangnya Dewi Sekartaji yang diculik oleh Nini Thotok Kerot, atau Wadal Werdi. Lakon yang diterapkan pada Batik Panji Gajahmina telah diterbitkan di Damariotimes, pada tanggal 2 Februari 2024, dengan judul artikel: Batik Gajah Mina selesai Diproduksi Di laboratorium Pengembangan Batik SMK Negeri 7 Malang.

Batik Gajah Mina ketika masih dalam proses produksi (Foto ist.)

Dalam proses produksinya, Muhammad Afaf Hasiymy guru Seni Budaya SMK Negeri 7 Malang yang memproses batik Gajah Mina telah mengungah di sosial media, banyak tanggapan positif, bahkan sudah terjadi penawaran yang sangat menarik, mulai dari Rp. 500.000,- (lima ratus ribu rupiah) dan akhirnya hari ini terjual Rp. 1.000.000.- (satu juta rupiah). Pembeli yang beruntung dapat memiliki karya batik Panji Gajah Mina itu adalah Heny Purnamawati, S.Pd., Gr. Salah satu guru di SMK Negeri 7. Hal ini menjadi satu bukti keberhasilan dari SMK Negeri 7 Malang yang dapat mengembangkan produk batik berkualitas.

Reporter : H. Gumelar

Editor       : S. Narwati

 


Posting Komentar untuk "Batik Panji Gajah Mina Laku Rp. 1.000.000.- (satu juta rupiah)"