Pelatihan Manajemen dan Tata Kelola Jurnal Nasional oleh PPJB-SIP

poster kegiatan seminar PPJB-SIP. (Foto ist.)

Damartiotimes. Pada tanggal 9 Desember 2023, Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP) menyelenggarakan Pelatihan Manajemen dan Tata Kelola Jurnal Nasional dan Internasional melalui platform Zoom. Acara ini dihadiri oleh sejumlah pengelola jurnal yang tergabung dalam PPJB-SIP.

PPJB-SIP, yang telah terdaftar resmi di Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia dengan nomor registrasi 0001395.AH.01.07. Tahun 2019, memposisikan dirinya sebagai organisasi non-pemerintah dan non-profit. Organisasi ini berfungsi sebagai wadah bagi para pengelola jurnal Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia, serta Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Dalam upaya meningkatkan kualitas jurnal-jurnal tersebut, PPJB-SIP membentuk empat komisi, yakni Akreditasi dan Internasionalisasi, kerja sama, etika publikasi, serta publikasi dan informasi.

Pelatihan Manajemen dan Tata Kelola Jurnal ini diadakan dengan tujuan memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada pengelola jurnal terkait prinsip-prinsip manajemen dan tata kelola jurnal, khususnya dalam konteks akreditasi nasional dan internasional.

Acara yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 9 Desember 2023, dimulai pukul 09.00 dan berakhir pukul 12.00 WIB. Pemateri yang dihadirkan pada acara ini adalah Prof. Dr. Ir. Istadi, ST., MT, yang merupakan Editor in Chief BCREC Journal Universitas Diponegoro, Yusep Ahmadi F., S.S., M.Hum, seorang Dosen di IKIP Siliwangi dan Managing Editor Jurnal Semantik, serta WInci Firdaus, M.Hum, Editor in Chief Ranah: Jurnal Kajian Bahasa/Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Para pemateri menyampaikan materi dengan mendalam, memberikan wawasan praktis, dan berbagi pengalaman seputar manajemen dan tata kelola jurnal, dengan fokus pada upaya meningkatkan akreditasi dan pemaparan jurnal ke tingkat internasional.

Acara pelatihan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi para pengelola jurnal untuk meningkatkan kualitas, akreditasi, dan daya saing jurnal-jurnal yang mereka kelola. PPJB-SIP berharap melalui kegiatan seperti ini, kualitas jurnal di Indonesia dapat terus meningkat dan mencapai standar internasional.

Rapat Zoom ini mencerminkan komitmen PPJB-SIP dalam memberikan dukungan dan pendampingan kepada para pengelola jurnal untuk menuju standar internasional dan mencapai akreditasi yang lebih baik. Semangat kolaborasi dan pertukaran pengetahuan antar para pengelola jurnal menjadi kunci kesuksesan dalam menghadapi tantangan global di dunia akademis.

Konteributor : Agung Suharyanto (Medan)

Editor            : R. Dayat

Posting Komentar untuk "Pelatihan Manajemen dan Tata Kelola Jurnal Nasional oleh PPJB-SIP"