Malang Batik Topeng Malang (MBTM) Produksi Udeng Panji Geni

        Damariotimes. Malang, 17 September 2023. Malang Batik Topeng Malang (MBTM) yang beralamatkan di Jl. Janti Selatan Gg. 7 no. 34 Malang. Rumah batik baru yang bekerja sama dengan Laboratorium Batik SMK Negeri 7 Malang yang mengembangkan produk unggulan khas Malang.
Muhammad Afaf Hasyimy guru SMK Negeri 7 Malang memproses batik Panji Geni (Foto ist.)
        Robby Hidajat, pemilik sentra Malang Batik Topeng Malang (MBTM) melakukan eksperimen desain batik yang diterapkan pada udeng (ikat kepala berbahan kain) dengan menggali potensi khas Malang, yaitu motif topeng Malang. Motif yang dikembangkan adalah pola topeng Panji Asmarabangun. Pengalamannya sebagai penari dan koreografer; Robby Hidajat mampu mengekspresikan dan merepresentasikan motif topeng ke dalam bentuk pola udeng berjenis struktur ‘Udeng Blumbangan’.
        Sumber ide dari jenis topeng Panji Asmabarangun ini dipadukan dengan motif api, sehingga melahirkan rangkaian motif yang disebut sebagai “Panji Geni” (Panji Api). Motif Panji Geni ini menjadi inovasi yang dimungkinkan menjadi literasi visual batik tentang spirit panji yang tidak terekspresikan dan terrepresentasikan dalam seni pertunjukan. Robby menjelaskan, bahwa Panji Geni menonjolkan motif yang diharapkan mampu menjadi ciri khas dari pola batik Malang. Mengingat di Jawa Barat mempunyai ciri khas ‘mega mendung’. Jawa Timur, khususnya Malang harus mampu merepresentasikan spirit yang sesuai dengan karakteristik dan temperamental sosial masyarakatnya. yaitu simbol Api (geni). Geni atau api ini merupakan salah satu anasir yang mendampingi atau berdampingan dengan Air, Tanah, dan Udara. Sehingga spirit api ini benar-benar memberikan jiwa pada motif udeng diproduksi.
Memperagakan batik Ceplok Cakra karya Robby Hidajat di Pusat Budaya dan Seni UUM (Foto ist.)
        Sementara ini produksi yang dikembangkan bersama guru SMK Negeri 7 Malang; Muhammad Afaf Hasyimy telah diproduksi menjadi busana (hem) yang pada tanggal 6-7 September 2023 yang lalu dipamerkan di Pusat Budaya dan Seni Universiti Utara Malaysia (UUM). Tentunya hal ini merupakan langkah awal yang akan terus dikembangkan, bahkan didiskusikan untuk memperkaya khazanah kebudayaan dan kreativitas seniman di Malang.


Reporter   : H. Gumelar
Editor       : S. Narwati

Posting Komentar untuk "Malang Batik Topeng Malang (MBTM) Produksi Udeng Panji Geni"