Buku Jadul Tentang Jiwa Kebudayaan Indonesia

        Damariotimes. Koentjaraningrat guru besar antropologi yang menulis lebih dari 90 buku dan artikel. Salah satu buku yang jadul berjudul "Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Buku ini adalah buku wajib bagi mereka yang kuliah diilmu sosial, termasuk kesenian. Karena buku ini dipandang penting untuk mencermati kondisi bangsa Indonesia pada era awal orde baru.
Buku jadul tentang kebudayaan Indonesia (Foto ist.)
        Buku yang diterbitkan oleh Gramedia tahun 1973 ini merupakan kegelisahan masyarakat cendikia Indonesia ketika terjadi perubahan sosial di era stabilitas politik. Bahkan adanya gerakan pembangunan diberbagai sektor diprogramkan pemerintah orde baru. Sudah barang tentu terjadinya shock culture, sehingga Koentjaraningart sebagai ahli budaya dihadapkan dengan pertanyaan yg dipandang menjadi kekhawatiran bagi generasi muda waktu itu.
        Tentunya buku jadul ini sudah terjawab dengan kondisi bangsa Indonesia sekarang, sungguhpun isi buku itu tidak 100% benar-benar menggambarkan kondisi bangsa Indonesia. Karena pertentangan adat tradisi dan visi pembangunan orde baru dimungkinkan adanya kesenjangan yang tajam. Bahkan benturan dan moralitas bangsa Indonesia tampak melaju dengan amat cepat. Seolah-olah apa yang menjadi kekhawatiran dalam buku tersebut menghambat pembangunan dan juga kegamangan terhadap perubahan. Bagi mereka yang pernah mempelajari buku karya Koentjaraningrat punya pandangan yang berbeda saat ini. Ataukah buku itu sudah tidak lagi relevan digunakan lagi untuk menjawab pertanyaan dari kegalauan dan kegamangan mentalitas generasi muda Indonesia.
 
 
 
Penulis : R. Hidajat
Editor.  : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Buku Jadul Tentang Jiwa Kebudayaan Indonesia"