Pergelaran Karya Mahasiswa Program Pendidikan Seni Tari Dan Musik (PSTM) Aset Pengembangan Kewirausahaan Seni Pertunjukan

        Damariotimes. Universitas Negeri Malang, 24 Mei 2023 dilangsungkan pergelaran karya Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik (PSTM), Departemen Seni dan Desain, Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pergelaran dilangsungkan di Gedung Graha Cakrawala UM Jl. Cakrawala Sumbersari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.
Perkenalan para repertoaris (Foto ist.)
       Acara seremonial yang dilaksanakan mulai pukul 14.00 - 21.00 WIB., dengan jeda ishoma. Para tamu undangan dan dosen di lingkungan DSD beramah tamah. Berikutnya dilanjutkan penyajian repertoar hingga selesai. 
        Pergelaran ini merupakan uji kompentensi hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Manejemen Pergelaran dan Repertoar. Kedua matakuliah ini menjadi penting bagi calon guru, karena kenyataan di lapangan, ketika mereka menjadi guru seni tidak jarang harus menangani berbagai kegiatan pergelaran siswa. Namun PSTM tidak hanya membidik potensi dari kompetensi tersebut, jangkauannya lebih jauh, yaitu untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan, baik sebagai penyelenggara pergelaran seni tingkat internasional, ataupun sebagai koreografer yang bertaraf nasional.
Salah satu koreografi bernuansa gaya Kalimantan (Foto ist.)
        
Kerja lapangan para mahasiswa PSTM tidak hanya kelas laboratorium, namun telah dilatihkan sebagaimana produksi pergelaran professional. Sehingga dari segi pembiayaan, kerja keorganisasiaan, dan juga kerja kreatif dari para koreografer. Mereka berproses tidak ‘kaleng-kaleng’ atau level pementasan amatiran. Namun Dra. EW. Suprihatin, D.P., M.Pd. selaku pengampu matakuliah Manejemen Pergelaran memang mengkondisikan mahasiswa untuk kerja secara alami. Sehingga modal yang mereka minta dari orang tua itu, benar-benar dikelola dengan sangat cermat. Karena jika mereka rugi dalam pelaksanaan, maka biaya yang dikeluarkan juga akan hilang. Oleh karena itu, kelas ini merupakan kelas yang benar-benar menjadi pengalaman memasuki dunia kerja, yaitu industri seni pertunjukan. Mereka juga mempunyai nama event organizer yang tetap, yaitu D’semut Organizer.
        Penampilan karya-karya koreografi juga bervariasi, setidaknya mereka yang akan menjadi guru seni dapat mendapat pengalaman kerja kreatif, baik untuk repertoar tari ataupun repertoar musik. Tampilan Garapan koreografi memiliki varian gaya, seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Kalimantan, dan Bali. Tampilan setiap repertoaris dikerjakan secara kelompok.
        Menyaksikan karya kreatif yang digelar di Gedung Graha Cakrawala menjadi referensi yang sangat bagus, setidaknya gedung milik UM ini memiliki standart Nasional sebagai pergelaran karya seni, utamanya seni tari. Oleh karena itu, PSTM sebagai salah satu prodi di Jawa Timur ini memang memiliki potensi dalam membelajarkan mahasiswanya.

 

 
Reporter     : Muhammad ‘Afaf Hasyimy
Editor         : R. Hidajat

1 komentar untuk "Pergelaran Karya Mahasiswa Program Pendidikan Seni Tari Dan Musik (PSTM) Aset Pengembangan Kewirausahaan Seni Pertunjukan"

  1. Seni budaya memang sangat perlu dikembangkan supaya budaya di Indonesia tidak mati atau tidak padam, karena dengan budaya seni tari atau byang lainnya kita bisa memberikan karakter2 bahwa di Indonesia masih sangat kental dengan adat istiadat dan budaya seni di tiap2 daerang masing2 semoga sukses seni budaya dan tari2 yang ada di Indonesia.

    BalasHapus