Keguruan Seni Rupa UM, Mampu Mendorong Mahasiswa Selesai Kuliah 3 Semester

        Damariotimes. Malang, 12 Mei 2023. Program Studi S2 Keguruan Seni Rupa Departemen FS Universitas Negeri Malang sejak tahun 2020 mefokuskan pada upaya mendorong lulusannya dapat menyelesaikan studi secepat-cepatnya. Upaya ini telah berhasil, Angkatan 2020 terdapat 3 mahasiswa mampu menyelesaikan studi dalam 3 semester. Mereka dapat menyelesaikan kurang dari waktu yang telah ditentukan, yaitu 4 semester. Mengingat Angkatan 2020 terdaftar 8 mahasiswa secara bergantian lulus dalam 4 dan 5 semester. Berikutnya angkatan 2021 dari 5 mahasiswa yang terdaftar, satu orang berhasil menyelesaikan studi dalam 3 semester satu orang, Mahasiswa tersebut adalah Kadek Jaya Sumanggala, dia berlatar belakang Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Kertarajasa.
Foto bersama setelah ujian tesis KSR (foto ist.)
        Kadek Jaya Sumanggala mengaku memiliki potensi di bidang seni Lukis, sungguhpun Pendidikan S1-nya sekolah agama Budha. Mengingat keluarganya di Bali memang memiliki potensi dalam bidang seni, oleh karena itu Kadek memberanikan diri untuk mendaftar sebagai mahasiswa program studi S2 Keguruan Seni Rupa.
Kadek Jaya Sumanggala Mahasiswa KSR Angkatan 2021 (Foto ist.)
        Ketekunannya dalam menuntut ilmu di Keguruan Seni Rupa dimotivasi oleh tugasnya menjadi salah satu staf pengajar di almamaternya (STAB) dibidang pengembangan bakat seni rupa. Dia memandang sangat positif, bahwa seni rupa (Lukis) dapat menjadi salah satu terapi bagi mahasiswa yang studi di almamaternya. Mengingat studi di STAB benar-benar berat, sungguhpun studi di sana tidak bayar. Namun di STAB mempunyai aturan yang sangat ketat, sehingga seorang mahasiswa sangat terbatas dapat melakukan kontak dengan dunia luas. Pengalamannya tersebut digunakan sebagai topik penelitian, yaitu seni lukis sebagai terapi. Dr. Pujiyanto, M.Sn. sebagai promotor mengakui, bahwa Kadek memang memiliki semangat juang yang tinggi. Semua tugas yang dibebankan dapat diselesaikan dengan tepat waktu, bahkan jika harus memperbaiki selalu dapat diselesaikan dengan baik.
        Penguji tesis Kadek Jaya Sumanggala yang terdiri dari Dr. Rudi Irawanto, M.Sn. (koordinator Program Studi Keguruan Seni Rupa), Dr. Pranti Sayekti, M.Si., Dr. Pujiyanto, M.Sn. dan Dr. Robby Hidajat, M.Sn. mengakui kerjanya memang baik, sungguhpun ada di beberapa aspek tesis yang berjudul: Penerapan Art Therapy Melalui Proses Kreatif Penciptaan Lukisan Untuk Mengurangi Tingkat Stres Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Kertarajasa, Batu ada kelemahan. Hal ini dikarenakan oleh kecermatan dalam memahami subjek penelitian.
        Kadek Jaya Sumanggala merupakan salah satu profil mahasiswa yang memang fokus pada studi. Sementara yang belum dapat menyelesaikan studi tepat waktu itu banyak hal yang menjadi penghalang, utamanya mereka yang terdaftar sebagai mahasiswa di KSR itu umumnya para guru-guru yang sudah mengajar secara tetap, bahkan juga ada diantara mereka yang sudah bekerja di industri media. Sehingga tidak mampu mengkonsentrasikan diri untuk menyelesaikan penelitian.
 
 
 
Reporter       : Muhammad ‘Afaf Hasyimy
Editor           : H. Gumelar 

Posting Komentar untuk "Keguruan Seni Rupa UM, Mampu Mendorong Mahasiswa Selesai Kuliah 3 Semester"