Festival Jaranan Pemuda Seni Kota Malang 2023

        Damariotimes. Malang, Taman Krida Budaya, 7 Mei 2023. Jaranan merupakan seni pertunjukan yang bersifat merakyat, hampir disetiap kampung atau setidaknya ditingkat kelurahan ada.  Pada kesempatan yang sangat baik ini, pemerintah kota Malang melalui dinas terkait menyelenggarakan Festival Jaranan: Pemuda Seni Kota Malang di Taman Krida Budaya Kota Malang, Jl. Soekarno Hatta Malang. Peserta yang terdaftar dan siap untuk bertanding sebanyak 36 kelompok. Setidaknya jumlah itu masih sangat banyak, setidaknya para penggiat seni pertunjukan jaranan masih bertahan dari tahun ke tahun.

Penampilan jaranan pada festival Jaranan Kota Malang  (Foto ist.)
        Dewan juri yang bertugas mengamati festival Jaranan tersebut adalah Dr. Tri Wahyuningtyas, M.Si. dan Hartono, S.Sn., M.Sn. dari program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Departemen Seni dan Desain, FS UM, dan satu lagi juri dari profesi Jawa Timur, Drs. Arif Rofiq, M.Si. Mereka mencermati setiap penyajian selama 10 menit, dengan ketentuan teknik penjurian yang terdiri dari: wiraga, wirama, wirasa, dan kreativitas penyajian. Adapun struktur penampilan terdiri dari jaranan, celeng, dan caplokan.
Dewan juri pengamat festival Jaranan (Foto ist.)
        Hasil pengamatan terdiri dari juara 1,2, dan 3, berikutnya disediakan juara harapan 1,2, dan 3, bahkan juga dilakukan pemilihan koreografer dan komposer terbaik. Mereka masing-masing juara mendapatkan uang pembinaan. Hal ini yang memotivasi dari para peserta untuk tetap semangat berproses, demikian pengakuan salah satu peserta yang telah tampil dengan semangat yang total.


Reporter: R. Hidajat
Editor    : Muhammad 'Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Festival Jaranan Pemuda Seni Kota Malang 2023"