Dosen Universitas Negeri Malang Kembangkan Motif Topeng Malang melalui Teknik Batik Cap di Kelurahan Jatirejoyoso Kepanjen Kabupaten Malang

        Damariotimes. Malang, 26 Mei 2023, Staf Pengajar Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik (PSTM), Dr. Robby Hidajat, M.Sn. bersama tim, menyelenggarakan Pengabdian Masyaraka Pengembangan Motif Topeng Malang melalui Teknik Batik Cap di Kelurahan Jatirejoyoso Kepanjen Kabupaten Malang.
Koordinasi Perencanaan Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat dari UM (Foto ist.)
        Tim pengabdian ini beranggotakan Dr. Pujiyanto, M.Sn., Dr. Ike Ratnawati, M.Pd., Muhammad ‘Afaf Hasyimy (Alumni), dan dibantu oleh dua mahasiswa, yaitu: Allfa Andranica Devya A., dan Gesang Bayu Pamungkas.
        Robby Hidajat menjelaskan, bahwa kegiatan kunjungan ke Kelurahan Jatirejoyoso tersebut melakukan koordinasi awal. Pembukaan pertemuan ini disambut oleh bendahara Desa, Bapak M. Arifin. Beliau berharap, bahwa kegiatan ini dapat berlanjut, bahkan memungkinkan dapat mengembangkan perekonomian warga. Di sela-sela kegiatan, Bapak M. Arifin juga menjelaskan. Bahwa Desa Jatirejoyoso juga mempunyai program pengembangan desa wisata, bahkan pernah juga menggelar tari massal. Muhammad ‘Afaf Hasyimy menyambut gembira, sebab warga Desa Jatirejoyoso memang telah mempunyai potensi untuk dapat dikembangkan.
        Agenda pertemuan kali ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi peserta, perencanaan pembukaan, dan pelaksanaan kegiatan, dan pameran produk karya batik cap. Selain daripada itu dijelaskan juga pada calon peserta, bahwa pengabdian ini dimaksudkan sebagai langkah awal pengembangan potensi warga kelurahan Jatirejoyoso.
        Muhammad ‘Afaf Hasyimy yang menyertai pertemuan tersebut mengemukakan, bahwa pelatihan ini dimaksudkan sebagai pengembangan potensi desa, dalam hal ini adalah mengangkat motif topeng Malang sebagai produk batik cap. Oleh karena itu diharapkan, peserta dapat berpartisipasi selama kegiatan berlangsung. Bahkan pada akhir kegiatan akan diselenggarakan pameran produk hasil pelatihan.
        Calon peserta yang hadir tampak antusias, setidaknya juga memberikan respon positif hasil kegiatan pelatihan benar-benar dapat difungsikan. Robby Hidajat, juga menyambut baik harapan para calon peserta.

 

Reporter : H. Gumelar
Editor     : S. Narwati

Posting Komentar untuk "Dosen Universitas Negeri Malang Kembangkan Motif Topeng Malang melalui Teknik Batik Cap di Kelurahan Jatirejoyoso Kepanjen Kabupaten Malang"