Vihara Padepokan Dhammadipa Arama, Kota Batu Malang

Damariotimes. Padepokan Dhammadipa Arama adalah Vihara terbesar, tertua, dan terlengkap di Kota Batu. Vihara yang luasnya sekitar 5 hektar ini berdiri sejak tahun 1971. Di Dusun Ngandat, Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Diberikan nama oleh yang mulia Somdet Pra Nyanasamvara dari Thailand. Dhammdipa Arama diterjemahkan menjadi Vihara Pulau Dhamma, yang mempunyai makna agar Dhamma dijadikan sebagai tempat perlindungan.
Padepokan Dhammadipa Arama: situasi dan kondisi (Foto ist.)
Vihara ini terletak di sebuah bukit yang menghadap ke candi Borobudur yang indah, dan dikelilingi oleh tanaman hijau subur dan pemandangan yang indah. Menampilkan arsitektur tradisional Jawa, dengan bangunan yang terbuat dari kayu dan batu, dan dirancang untuk berbaur dengan alam sekitarnya. Tidak hanya itu, keberadaannya yang dikelilingi oleh bukit membuat Vihara ini sangat asri dan menyejukkan. Padepokan Dhammadipa Arama menawarkan berbagai program dan kegiatan bagi pengunjung, termasuk sesi meditasi harian, retret akhir pekan, dan ceramah Dhamma. Ini juga memiliki perpustakaan dengan banyak koleksi teks Buddha dalam berbagai bahasa.
Pada tahun 2007, Kepala Padepokan Dhammadipa Arama, Bhikkhu Khanthidaro memutuskan untuk membuka suatu kelas dan menerima mahasiswa khusus yang disebut dengan istilah Samanera dan Atthasilani. Mereka adalah seorang laki-laki menggunakan jubah berwarna cokelat (samanera) jubah putih (atthasilani) dengan kepala bercukur gundul, menjalani kehidupan secara sederhana, tidak menikah atau hidup selibat, bertekad meninggalkan bentuk-bentuk kehidupan duniawi, dan tinggal di Vihara dengan bimbingan dari guru.
Vihara terbuka untuk orang-orang dari semua latar belakang dan agama, serta menyambut pengunjung yang tertarik untuk belajar lebih banyak tentang agama Buddha. Karena hal ini Vihara Padepokan Dhammadipa Arama dikenal juga sebagai salah satu objek wisata religius di daerah Kota Batu, Malang.




Penulis   : Kadek Jaya Sumanggala
Editor     : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Vihara Padepokan Dhammadipa Arama, Kota Batu Malang"