Bagaimana Membuat Koreografi Etnik yang Berkualitas

Damariotimes. Koreografi adalah seni menata tari, untuk itu jika membuat koreografi etnik yang bersumber dari unsur-unsur budaya etnik atau tradisi masyarakat di daerah tertentu. Pastikan koreografi etnik benar-benar mampu mengekspresikan kekayaan budaya masyarakat etnik daerah tertentu, sehingga dengan menyusun kembali unsur-unsur gerakan tari etnik dapat memperkenalkan budaya daerah semakin berkualitas, serta sebagai bentuk ekspresi seni yang estetik. 

Koreografi etnik tentang Ramayana (Foto Abayu Ammar)

Untuk membuat koreografi etnik yang berkualitas, ada beberapa hal yang diperlukan untuk diperhatikan, yaitu dengan mempelajadi beberapa tips di bawah ini, sebagai berikut:

  1. Pelajari budaya dan tradisi etnik yang digunakan sebagai sumber koreografi, sebelum menentukan koreografi etnik, perlu diperhatikan dengan seksama proses eksplorasi secara mendalam. Pelajari gerakan-gerakan dasar tari etnik tertentu, makna gerakan, dan juga prinsip-prinsip tekniksnya. Dan tidak ketinggalan dipelajari pola music dan tata busana yang digunakan.
  2. Pilih musik yang sesuai dan tepat untuk digunakan merangsang gerakan yang disiapkan, pastikan musik itu tidak bertentangan dengan rasa gerak yang akan diungkapkan, sehingga masih memiliki potensi dalam mengungkapkan gerakan yang dikembangkan.
  3. Buat konsep yang kreatif, artinya koreografi etnik yang disiapkan mempunyai unsur-unsur inovasi, harapannya tidak terjadi duplikasi, bahkan hanya bersifat rekonstruksi yang tidak memberikan nilai kebaruan dalam upaya meningkatkan kualitas estetikanya.
  4. Pilih penari yang berbakat, dan berdedikasi tinggi terhadap kerja kreatif, sehingga penari-penari tersebut mempunyai keikhlasan untuk menghayati budaya etnik yang digunakan sebagai pijakan. Pastikan para penari memiliki kemampuan tubuh yang terlatih, dan paham terhadap tata cara menggerakan gerakan tari etnik yang digunakan sebagai sumber.
  5. Lakukan Latihan secara teratur, Latihan yang direncanakan sangat penting dalam menentukan kualitas tampilan koreografi etnik. Selalu memberikan arahan, dan lakukan evaluasi secara cermat dan teliti, berikan pemahaman dengan sangat tepat alasan dan rasionalisasi sikap, alur gerakan, dan sistem tata susunan yang dimaksud.
  6. Berikan kesempatan pada penari untuk menghayati, jangan hanya sampai pada tahap imitasi gerak yang dipaksakan untuk dihafalkan oleh penari. Berikan kesempatan penari untuk menghayati dan menumbuhkan respon personal, agar gerakan tidak hanya sampai pada tingkat menghafalkan.
  7. Pastikan pada saat penampilan, penari mempunyai kesiapan tampil dengan penuh percaya diri. Berikan mereka motivasi untuk mencapai penghayatan yang ekspresif dan menjiwai dengan sepenuh hati.
Tips-tips di atas dimungkinkan anda dapat menyiapkan koreogafi etnik yang berkualitas, bahkan dapat memukau penontonnya. Jika karya tersebut dikompetisikan, setidaknya para juri akan dapat memperhatikan kualitas kerja anda yang mendalam, seperti konsep, kualitas keterlatihan pendukung, dan pemahaman terhadap kedalaman sumber tari etnik yang ditampilkan.
 
 
 
Penulis            : R. Hidajat
Editor              : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Bagaimana Membuat Koreografi Etnik yang Berkualitas"