15 April “Hari Seni Se-Dunia” Sejarah dan Bagaimana Merayakannya

        Damariotimes. Sabtu, tanggal 15 April merupakan hari seni sedunia, mungkin diantara anda belum pernah mendengarnya. Pada hari ini diperingati Hari Seni Sedunia untuk menghargai kontribusi seniman dan kreativitasnya. Mereka adalah orang-orang yang bekerja mengabdikan diri pada kreativitas dan estetika. Perayaan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnnya seni dalam kehidupan, bagaimana seni dapat mempengaruhi kebudayaan, serta seluruh masyarakat dunia.

Penyelenggaraan Perayaan Hari Seni Sedunia dengan menggelar pameran (Foto ist.)

        Sejarah Hari Seni Sedunia pada awalnya ketika diselenggarakan Internastional Association of Art (IAA) yang memutuskan untuk merayakan hari seni setiap tahun. Hari tersebut diputuskan pada tanggal 15 April 2012 sebagai hari Seni Sedunia untuk yang pertama kalinya. Tema yang diangkat pada saat itu adalah “Seni untuk Masyarakat, Masyarakat untuk Seni”.
Berpartisipasi dalam kegiatan workshop seni (foto ist.)
         Cara yang terbaik untuk merayakan Hari Seni Sedunia adalah dengan cara mengeksplorasi seni dan budaya disekitar kita, beberapa cara yang dapat dilakukan secara individu atau kelompok sebagai berikut.

  1. Kunjungi museum atau galeri seni: kunjungan ke museum atau galeri seni lokal serta menikmati karya seni yang dipajang. Disana dapat belajar tentang seni dan budaya di lingkungan masing-masing. Sehingga keperdulian kita terhadap seni semakin dapat meningkat.
  2. Ikut workshop seni: berbagai kelompok seringkali menyelenggarakan kegiatan workshop seni gratis, ambilah kesempatan ini untuk belajar secara praktis tentang seni, pengalaman belajar ini dapat menumbuhkan apresiasi masyarakat dan mengembangkan kepeduliannya terhadap seni.
  3. Berpartistipasi dalam kegiatan seni: mungkin di daerah anda ada pekerja seni yang dengan kemampuannya atau didukung oleh pemerintah setempat menyelenggarakan kegiatan seni, seperti pameran, konser, atau pertunjukan seni. Tentunya kegiatan tersebut menarik untuk disambangi agar dapat bersama-sama meningkatkan pengalaman seni secara sosial.
  4. Membeli karya seni: anda dapat berpartisipasi dan mendukung seniman lokal yang secara intensif terus bekerja untuk kreativitas dan estetikanya. Dengan membeli karya mereka adalah suatu bentuk kepedulian dan memberikan pengakuan kepada seniman atas kerja kerasnya.
  5. Berbagai seni dengan orang lain; gunakan media sosial atau platform online untuk memberikan karya seni anda. Anda telah memberikan sumbangan yang sangat berharga untuk menghidupkan dan membangun kesadaran tentang pentingnya seni untuk berbagai, menyapa, dan membangun kepedulian pada masyarakat.

Pada peringatan Hari Seni Sedunia tentunya sangat penting untuk membangun kepedulian masyarakat terhadap eksistensi seni, dan seniman juga berbagai perasasan estetiknya pada masyarakat. Maka jika pada hari ini ada kelompok atau lembagai pemerintah yang menyelenggarakan pesta untuk hari seni sedunia, tentunya menjadi hal yang sangat luar biasa. Karena dengan pesta tersebut menandakan seni menjadi bagian yang masih sangat berarti bagi kehidupan umat manusia.




Penulis       : R. Hidajat
Editor         : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "15 April “Hari Seni Se-Dunia” Sejarah dan Bagaimana Merayakannya"