Tari Zapin Nusantara Digelar pada Majelis Dewan Guru Besar se-Indonesia Di Universitas Brawijaya Malang

        Damariotimes. Malang, 15 Maret 2023. Sidang Paripurna Majelis Dewan Guru Besar Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum se-Indonesia di selenggarakan di Universitas Brawijaya Malang. Forum ini secara khusus melangsir topik menarik, yaitu: Kontribusi PTNBH dalam menghadapi Krisis Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045.
Tim Penari berfoto bersama sebelum tampil (Foto Ist.)
        Setelah dilangsungkan diskusi antar bidang pada tanggal 15 Maret 2023 di Hotel Ijen Suites, pada malam hari para guru besar peserta seminar yang terdiri dari 21 Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum se-Indonesia diundang untuk ramah tamah di Rektorat Universitas Brawijaya.
        Pada malam ramah tamah tersebut disambut dengan sajian Tari Zapin Nusantara. Tarian tersebut ditarikan oleh 30 penari dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Departemen Seni dan Desasin, Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.        
Salah satu desain Kostum yang mencerminkan karakteristik ke-Nusantaraan (Foto Ist.)
        Prof. Dr. Ponimin, M.Hum. sebagai ketua bidang kesenian mengemukakan, bahwa sajian ini telah dipilih materi yang sangat cocok dengan perhelatan akbar tersebut. Mengingat sumber daya lingkungan seni, dan utamanya seni pertunjukan juga mengalami krisis potensi sumberdaya manusianya. Sehingga jika tidak dipikirkan oleh para ilmuwan, perspektif ke depan untuk mewujudkan Indonesia emas 2045 juga menjadi kendala yang cukup berarti. Oleh karena itu, secara khusus ditampilkan karya hasil penelitian seni pertunjukan dari Dr. Robby Hiajat, M.Sn.
        Koreografi Zapin Nusantara menungkapkan kekayaan budaya Nusantara dalam bentuk Zapin; "Zafn" ; gerak langkah kaki yang dinamis. Genre tarian etnik masyarakat Arab dari Hadramaut; Yaman Selatan ini telah mengalami akulturasi dan tersebar pada masyarakat pesisir; mulai dari Semenanjung Malaka hingga Filipina. 
        Zapin Nusantara ini hasil penelitian kolaborasi Peneliti dari Universitas Negeri Malang (UM) dan Universiti Teknologi Malaysia (UTM) melalui skema I’MRC Sos-Hum; seni pertunjukan.  Tampilan kali ini, merupakan bentuk tampilan latihan (bukan kostum untuk pementasan).
        Tari Zapin Nusantara ini karya Dr. Robby Hidajat, M.Sn., Komposer: Drs. Bagus Brahmanto, dan Penata Kostum Dra. Suci Narwati. Koreografi ini bersumber dari zapin Arab, yang gambaran rekonstrutif akulturasi budaya yang pernah terjadi dilingkungan masyarakat Melayu. Perpaduan potensi gerak Zapin Arab dan budaya lokal, koreografi ini sebagai tari sambut yang digambarkan melalui gerak, musikalitas, dan formasi yang mengekspresikan kegembiraan yang ditujukan terciptanya kebersamaan untuk maju meraih kejayaan, hal ini tentunya memberikan penekanan pada tema sidang paripurna dari Majelis Guru Besar Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum se-Indonesia dalam mencapai era Indonesia emas 2045. 
        Sajian koreografi yang atraktif dan komunikatif tersebut mendapat sambutan meriah dari para peserta, mereka juga ikut menari bersama. Hal ini menunjukan bahwa forum ini tidak hanya sebagai pertemuan untuk ramah tamah, akan tetapi berhasil membangun keakraban para guru besar diberbagai bidang ilmu.

 

Reporter : Harda Gumelar

Editor : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Tari Zapin Nusantara Digelar pada Majelis Dewan Guru Besar se-Indonesia Di Universitas Brawijaya Malang"