Strategi Ekseminasi Mahasiswa Menghindari Perangkat Aplikasi Artificial Intellegence (AI)

Damariotimes. Memasuki bulan Maret, berbagi perguruan tinggi di Indonesia mulai memasuki masa Ujian Tengah Semester (UTS). Para dosen di berbagai bidang studi mulai pusing, karena untuk mengukur hasil belajar mahasiswa menjadi sangat sulit. Bahkan berbagai cara telah dilakukan, karena semakin ketat melarang mahasiswa menggunakan perangkat smartphone, tampaknya menjadi sia-sia. Karena berbagai tugas yang diberikan untuk mengasah pengetahuan mereka tidak mampu memasuki wilayah sintesa. Karena mereka dapat mengambil jalan pintas untuk bertanya ke aplikasi artificial intelligence (IA).
Mahasiswa sedang mengerjakan ujian di kelas (Foto Ist.)
                Maka apa yang dapat dilakukan oleh para dosen. Pengalaman menunjukan, bahwa dosen harus menyiapkan diri untuk merubah system pembelajaran dari pemberian konten, ke pengalaman. Sehingga mahasiswa dapat melakukan sendiri bagaimana mereka melakukan kegiatan mencari, menemukan, dan menyimpulkan pemahaman yang direncanakan dalam pengajaran.
                Demikian juga dalam pengambilan sampel kemampuan dengan cara melakukan ekseminasi di tengah semester (UTS). Sebelum memasuki masa UTS dimungkinkan ada pengalaman empiris yang secara klasikal dialami bersama oleh mahasiswa. Setidaknya diketahui dan atas bimbingan pengajar.
                Ketika UTS, soal yang disampaikan adalah melaporkan dengan singkat (satu lembar) tentang apa yang telah mereka alami, bahkan ditekankan dari sudut pandang subjektif. Semakin detail mahasiswa dapat menjelaskan pengalamannya, tentunya dapat dipastikan. Bahwa materi perkulihanan yang disampaiakan memang benar-benar dapat sampai pada pemahaman mahasiswa.
                Strategi untuk menghindari Perangkat Aplikasi Artificial Intellegence (AI) ini tentunya sangat beragam. Mungkin anda juga sebagai dosen sedang memikirkan hal tersebut, apa pendapat anda tentang hal tersebut.
 
 
 
 
Reporter : R. Hidajat 
Editor     : Muihammmad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Strategi Ekseminasi Mahasiswa Menghindari Perangkat Aplikasi Artificial Intellegence (AI)"