Hantaran Sederhana untuk Lamaran: Apa yang kamu persiapkan

            Damariotimes. Jika anda (laki-laki) telah siap untuk meminang gadis pujaan hati. Secara tradisi atau kebiasaan yang dilakukan oleh orang Jawa, atau umumnya masyarakat Indonesia, yaitu datang ke rumah calon mertua bersama orang tua yang disertai keluarga.
Hantaran lamaran sederhana (Foto ist.)
            Lamaran dapat dilakukan secara mewah, tapi tidak jarang dilakukan secara sederhana. Karena lamaran pada dasarnya bukan pesta (ritual), hanya untuk saling  mengenalkan keluarga kedua calon yang sepakat mengikat  untuk hidup bersama. Biasanya lamaran juga dilakukan menentukan jarak waktu untuk menentukan hari pernikahan, sifatnya menjalin hubungan sosial kekerabatan. Tidak jarang setelah lamaran terjadi hal yang tidak diinginkan oleh kedua belah pihak, maka lamaran dibatalkan. Calon mempelai wanita akan mengembalikan semua hantaran.
            Apa isi hantaran yang diberikan pada calon istri dari calon suami. Barang-barang yang disiapkan tidak perlu barang yang brandit, atau mewah. Karena barang-barang itu hanya sebagai penanda yang bersifat simbolis, yaitu: (1) sepasang cincin yang menjadi hantaran utama, karena cincin digunakan sebagai simbol pengikat untuk sepakat sehidup semati. Selain itu juga bisa dilengkapi perhiasan (aksesoris), 2) Peralatan kebersihan badan dan kecantikan; ini adalah simbol, bahwa kewajiban suami yang mengharapkan istri dapat tampil cantik.,3) seperangkat pakaian dalam, semuanya dapat ditata secara artistik sehingga tampak bagus. Ini adalah simbol, bahwa laki-laki menyimpan dan menutup aib istri, 4) tas dan sepatu/sandal; barang-barang ini juga dapat ditata secara bagus, karena sebagai simbol pengharapan istri dapat tampil secara elegan dan menawan didepan umum, 5) perlengkapan ibadah, peralatan ibadah dapat disesuaikan menurut kepercayaan dan keyakinan, 6) perlengkapan kamar tidur, selimut, sprei, dan sarung bantal guling. Bisa dihias bagus-bagus di dalam sebuah kotak hantaran, 7) untuk masyarakat budaya Melayu atau Jawa tempo dulu, bisa disertakan kapur sirih pinang, selain itu juga ditambah barang-barang yang lain, seperti 8) peralatan hobby istri, hal ini sangat relatif.
            Apakah ada pernah melaksanakan lamaran. Tentunya mempunyai pengalaman menarik waktu mempersiapkan hantaran. Bisa berbagi pada saudara-saudara kita yang dalam waktu dekat ini akan meminangkan putranya.

 

Reporter: R.Hidajat
Editor    : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Hantaran Sederhana untuk Lamaran: Apa yang kamu persiapkan"