Menjalin kerjasama Pengembangan Akademik antara Fakultas Sastra UM dan School of Education USM di Penang

Damariotimes. Penang, Malaysia: Kamis, tanggal 1 Desember 2022. Peningkatan indikator kinerja utama (IKU) bidang akademik dan kemahasiswaan. Oleh karena itu diprogramkan kunjungan kerja ke School of Education University Science Malaysia (USM) di Penang. 

Foto bersama antara delegasi FS UM dan jajaran pimpinan School of Education USM (Foto ist.)

Kegiatan kunjungan kerja ini dilakukan oleh Koorpordi S2-S3 di lingkungan Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM); agenda yang dibicarakan adalah  Collaborations In Research and Supervision, External Examiners, and Student Exchange. Hal ini disambut dengan baik oleh  School of Education  University Science Malaysia (USM) di Penang Malaysia. Delegasi disambut pada pukul 15.00 waktu setempat. Dalam pembicaraan ini didasarkan atas 1) Kerjasama yang telah terjalin,  yaitu merekrut Prof. Muhammad Kamarul Kabilan  sebagai adjunct professor untuk ilmu pendidikan bahasa Inggris, dan 2) ada kesamaan program bidang pendidikan bahasa dan seni, oleh karena itu, Tujuan ini diutamakan  untuk saling meningkatkan kinerja dosen dibidang penelitian dan pertukaran dosen. Kunjungan kerja ke School of Education   Universitas Science Malaysia di Penang memang sangat diharapkan dapat  melakukan kolaborasi penelitian, pertukaran penguji tesis dan disertasi, serta pertukaran mahasiswa dari dua perguruan tinggi yang sama-sama mengembangkan pendidikan kebahasaan, utamanya bahasa Inggris.

Dr. Robby Hidajat, M.Sn. mendapatkan cindera hati dari dekan School of Education USM (Foto ist.)

Rombongan Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang yang dipimpin oleh Prof. Utami Widiati, M.A., Ph.D. dengan anggota koorprodi S2-S3 Pendidikan Bahasa Inggris; Prof. Dr. Yazid Basthomi, M.A., Koorprodi S2-S3 Pendidikan Bahasa Indonesia; Dr. Yuni Pratiwi, M.Pd., dan Koorprodi Keguruan Seni Rupa; Dr. Robby Hidajat, M.Sn. disambut oleh Dekan School of Educational Studies University Science Malaysia: Associate Professor Dr. Rahimi Che Aman dan juga dihadiri para pejabat dan dosen.
Penjelasan yang di kemukakan oleh Prof. Utami Widiati, M.A., Ph.D. tentang potensi yang telah diraih oleh FS UM diharapkan dapat menjalin kerjasama yang konkret, baik bidang pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan atau pertukaran pembimbing atau penguji.
Dekan school of Education Studies Universitas Science Malaysia sangat antusias, dan akan menindaklanjuti dengan program yang akan disepakati bersama.
Rapat kerja yang dilakukan kurang lebih 2 jam itu diakhiri dengan saling memberikan cindera hati. Hal ini pertanda baik, tentunya pada tahun akademi 2023/2024 akan dilakukan pelaksanaan kerjasama tersebut. Kegiatan diakhiri dengan ramah-tamah , makan bersama kupat sayur.


 

Reporter    : R.Hidajat
Editor        : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Menjalin kerjasama Pengembangan Akademik antara Fakultas Sastra UM dan School of Education USM di Penang"