Menggambar Hewan untuk Anak Usia Dini

Damariotimes, Kamis, 9 Desember 2022 berlangsung ujian tesis mahasiswa S2 Keguruan Seni Rupa Departemen Seni dan Desain  FS Universitas Negeri (UM) Malang. Keguruan Seni Rupa di UM ini merupakan prodi satu-satunya di Indonesia, sehingga mereka yang menaruh minat untuk memperdalam ilmu pendidikan seni, utamanya seni rupa. Oleh karena itu pada kali ini ada mahasiswa yang mengajukan tesis dengan judul Pengembangan Buku Panduan Menggambar untuk Meningkatkan Kreativitas Menggambar Tema Hewan dengan Bantuan Bentuk Dasar Geometri pada Anak Usia Sekolah Dasar. 
Mellyana Kinwardani pada saat presentasi hasil penelitian (Foto ist.)
 
Mellyana Kinwardani sebagai peneliti menggunakan  menggunakan pendekatan pengembangan media ini didasarkan atas temuan kesulitan anak-anak usia dini yang kesulitan menggambar hewan, keraguan yang diperhatikan adalah kurangnya pengetahuan anak untuk mengetahui dunia hewan.
Secara proses penelitian yang harus mendalami subjek, dan juga produk berupa buku. Hal ini yang mengakibatkan adanya waktu yang tidak dapat dikendalikan, yaitu mulai dari produk media, validasi kelayakan, dan uji coba yang melibatkan subjek penelitian. Sunggupun hasilnya memang dapat membantu meningkatkan kreativitas anak usia dini. Sungguh pun masih membutuhkan penyempurnaan.
Penguji utama Dr. Robby Hidajat, M.Sn., Dr. Wida Rahayuningtyas, M.Pd. , Dr. Johannes Ananto Prayogo, M.Pd., M.Ed. dan Dr. Pujiysnto, M.Sn. menanggapi secara positif, anak-anak memang membutuhkan motivasi menciptakan dan pengembangan daya berpikir dan berimajinasi.
 
Buku hasil penelitian (Foto ist.)
Sementara penguji yang lain melihat proses dan kendala penelitian. Bahkan hasil penelitiannya sudah digunakan di beberapa sekolah yang selama ini diajar.
Produk buku yang dikerjakan memang bagus, bahkan jika ini dapat diproduksi secara massal akan berdampak ekonomi. 
 
 
 
Reporter  : Muhammad 'Afaf Hasyimy
Editor      : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Menggambar Hewan untuk Anak Usia Dini "