Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik (PSTM) Sukseskan Event Panawijen Djaman Bijen Fest Ke-5 di Kampung Budaya Polowijen Malang

Damariotimes. Malang, 27 Nopember 2022, Kampung Budaya Polowijen yang digagas oleh Ki Demang, kembali menyelenggarakan event budaya, yaitu Panawijen Djaman Bijen. Event kali ini dibingkai dengan tajuk: Gebyar Budaya Nusantara. Gelaran budaya kali ini adalah ke 5 kalinya. Ki Demang, menjelaskan, bahwa event-event di Kampung budaya ini memang dirancang untuk konsisten, dengan sekuat tenaga diupayakan oleh warga kampung budaya Polowijen.

Kegiatan Polowijen Zaman Biyen Ke-5 pesertanya luber (Foto ist.)

            Hal ini juga ditegaskan oleh Kepala Desa Polowijen, kampung budaya yang digagas Ki Demang pada tahun 2017 itu merupakan salah satu cara untuk memberdayakan masyarakat, oleh karena itu dibutuhkan kerjasama antar instansi pemerintah, perguruan tinggi, dan usaha bersama masyarakat. Bahkan oleh Wakil Walikota Malang; Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko yang membuka kegiatan Panawijen Djaman Bijen ini, juga menegaskan; Mengembangkan budaya membutuhkan semangat kebersamaan, sehingga semua pihak akan dapat menikmati hasilnya, seperti kampung tematik yang lain, seperti di Kampung Sanan, setiap hari sudah dapat membudidayakan empat ton kedelai, kampung warna-warni sudah dapat memberikan santunan bagi warganya dari hasil parkir kendaran.

Acara dibanjiri pengunjung dan penyaji (Foto Ist.)
            Ki Demang juga menyatakan, bahwa usaha yang telah dilakukan oleh masyarakat di Kampung budaya Polowijen dalam mengembangkan potensinya selama ini mulai nampang, yaitu kegiatan membatik, mengukir topeng, bahkan setiap kali diselenggarakan ivent semacam ini juga sedikit banyak memberikan dampak ekonomi warganya.

 Panawijen Djaman Bijen ke 5, benar-benar meriah, pengunjung yang datang kurang lebih ada 200 orang. partisipan yang terlibat menyemarakan acara tersebut terdiri dari kegiatan MBKM dari Universitas Merdeka Malang, dan juga Mahasiswa dari IKIP Budiutomo sebanyak 80 mahasiswa dari berbagai daerah, dan sebagai panitia pelaksana kegiatan dibantu oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik (PSTM) Departemen Seni dan Desain (DSD) FS Universitas Negeri Malang, yang diturunkan oleh Dra. Hj. EW. Suprihatin, DP. , M.Pd. Mahasiswa tersebut menempuh matakuliah Enterpreneur. Mahasiswa sedang praktik penyelenggaraan event organizer untuk wilayah Kota Malang. Sebagai penyaji seni tari didukung oleh tampilan mahasiswa dari kelas Olah Tubuh dan Kritik Seni Pertunjukan, yang dibina oleh Dr. Robby Hidajat, M.Sn.

Mahasiswa yang menyelenggarakan praktik event organizer wilayah Kota Malang dengan sangat bersemangat, setiap tahap diikuti dengan seksama.  Demikian juga mahasiswa yang menyajikan tampilan tari, semuanya semangat menjalankan tugas. Dengan demikian kegiatan relatif sangat lancar, sungguhpun ditengah-tengah acara diguyur hujan cukup lebat. Namun mahasiswa yang menangani acara tetap bekerja untuk mensukseskan acara hingga berakhir.




Reporter           : Harda Gumelar
Editor               : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik (PSTM) Sukseskan Event Panawijen Djaman Bijen Fest Ke-5 di Kampung Budaya Polowijen Malang"