Jewel Changi Airport Singapore: Air Terjun Buatan Indoor Tertinggi Di Dunia

Damariotimes. Setelah menyelesaikan tugas kunjungan kerja di lembaga Deutsch Learning Center di Batam. Rombongan pimpinan FS Universitas Negeri Malang bertandang ke Singapore. Tujuannya adalah untuk melakukan studi banding yang berkaitan dengan pengembangan destinasi wisata. Oleh karena itu, rombongan meluncur ke destinasi wisata yang sedang populer, dan satu-satunya destinasi wisata yang modern. Namun benar-benar ramah lingkungan, karena mengadopsi potensi dari lingkungan dan air.

Rombongan Pimpinan FS Universitas Negeri Malang foto bersama di Jewel Changi Airport Singapore (Foto Ist.)
Di lingkungan Changi Airport Singapore dilengkapi sebuah destinasi wisata yang spektakuler, yaitu “Jewel” air terjun buatan yang menerjunkan air dari ketinggian 40 meter. Destinasi wisata yang berupa Shiseido Forest Valley, hutan buatan yang mendapatkan pencahayaan sinar matahari alami, ditumbuhi kurang lebih 900 pohon dan berbagai jenis palem, serta 60.000 tumbuhan perdu. Hutan dengan pusat air terjun buatan yang atraktif ini sangat ikonik, tertinggi di dunia, HSBC Rain Vortex.

Kubah besi yang melengkung menutupi areal taman seluas 135.700 meter persegi. Di sekelilingnya terdapat lantai berundak lima tingkat ke atas, dan lima tingkat ke bawah, dan juga jembatan yang dapat untuk menyaksikan pemandangan air terjun dari berbagai arah secara melingkar. Bahkan di sekeliling air terjun yang menggelontorkan air ke sebuah lubang besar itu ditata berbagai tumbuhan dengan sangat rapi dan subur.

Air terjun buatan yang ikonik (Foto ist.)
            Jewel Changi Airport Singapore yang menempel di terminal 1,dan dapat diakses melalui jembatan penghubung dari terminal 2, dan 3. Namun jika kedatangan dari terminal 4 jaraknya memang agar jauh, harus menggunakan bus untuk menjangkau tempat ini.

Namun  rombongan FS Univeristas Negeri Malang dapat dengan sangat mudah, karena masuk melalui jalan darat. Setelah bus yang ditumpangi dari Harbour Front Ferry meluncur ke arah Changi Airport Singapore. Jalan menuju Jewel kurang lebih hanya 500 meter, melalui lorong-lorong, dan 280 toko dan restoran brand internasional yang berderetan.

Memasuki area Jewel, melewati lorong yang di depannya sudah ada hiasan pohon natal yang besar. Kemudian baru benar-benar dapat menyaksikan pemandangan taman pemandangan utama air terjun buatan yang pertamakali diresmikan pada tanggal 17 April  2019, tepat setahun sebelum pandemi-Covid-19 melanda dunia.



Reporter              : R. Hidajat
Editor                    : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Jewel Changi Airport Singapore: Air Terjun Buatan Indoor Tertinggi Di Dunia"