Mempertaruhkan Ayam Potong untuk Peruntungan Bisnis Bagi Pemula

           Damariotimes. Batu,17 September 2022. Siapa tak kenal ayam potong?. Hampir setiap hari dapat dijumpai diberbagai pasar. Bisnis ini tentunya banyak pesaingnya, karena mereka yang punya modal besar akan dapat dengan mudah mengambil pada peternak. Namun bagaimana bagi bagi usahawan muda, pertamakali mempertaruhkan kemampuannya untuk bersaing dalam bisnis ayam potong.

Rizki Setiawan, pengusaha ayam potong (Foto ist.)

Rizki Setiawan,pria kelahiran Malang,21 Oktober 1997 mencoba merintis karirnya di bidang ayam potong. Siapa sangka, usaha yang sudah geluti hampir selama 5 tahun, tepatnya usaha tersebut dilakukan  sejak tamat sekolah menengah. Mengadu pertuntungan dibidang bisnis ayam potong itu ternyata  mampu menopang hidupnya.

Tempat usaha Rizki, demikian panggilan akrapnya. Tempat usahanya  di Jalan Dasirin no. 16F RT 06 RW 07 Dusun Tlekung kecamatan Junrejo kota Batu. Usaha yang dilakukan itu terbilang cukup melejit, bahkan dalam jangka 5 tahun sudah memiliki banyak aset. Rizki, sebenarnya  bukan dari keluarga berada, namun kini dapat mengangkat perekonomian keluarganya, bahkan sampai terbilang sebagai pengusaha berhasil. Laba kotor sudah mencapai kurang lebih 3 juta/hari. Rizki dapat mengantongi kurang lebih 1 juta/perhari sebagai pendapatan bersih. Namun hal tersebut tidak semulus itu, bahkan pernah meruki hingga Rp. 50.000.000, namun hal itu tidak menyurutkan usahanya. Tetap diupayakan untuk dapat bangkit kembali.

            Rizki pada saat ini dapat  dikatakan sudah sebagai distributor, usahanya mempunyai sistem marketing yang dipelajari secara otodidak. Hingga sekarang, Rizki mengaku masih banyak hal yang terbilang masih asing. Apa yang dilakukan selama ini, proses pembelian dalam skala besar tidak secara langsung tunai. Prosedur pembelian ayam harus melalui marketing dan mendaftarkan nama usaha ayam potong kepada marketing. Kemudian,setelah melakukan pembayaran atau setor jaminan baru boleh membawa ayam sesuai dengan kesepakatan. Sistem pembayarannya dapat dilakukan melalui cash dan virtual bank.Pembayaran karyawan juga sesuai dengan pekerjaannya.Begitulah sekilas info jual beli ayam potong.

            Proses pendistribusian ayam potong yang dikelola Rizki, yaitu melalui pemotongan terlebih dahulu, kemudian dikirim kepada pembeli yang telah terdaptar pada marketingnya. Sebenarnya usaha ini mengalir, tapi memang sudah menjadi rejeki, dan jalan hidup sebagai pengusaha ayam potong. Untuk menjalankan bisnis ini, Rizki dibantu oleh 9 orang karyawan, 6 orang bagian pemotongan, 2 orang kebersihan kendang, dan 1 orang administrasi.


Kontributor               : Ismia Khafifa Sanah
Editor                        : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Mempertaruhkan Ayam Potong untuk Peruntungan Bisnis Bagi Pemula"