60 Mahasiswa Pendidikan Seni Pertunjukan FSP ISI Denpasar ikuti workshop Jejapinan Nusantara

Damariotimes, Denpasar, Bali, Jumat, 23 September 2022 diselenggarakan workshop jejapinan nusantara. Tari berjenis zapin ini merupakan hasil penelitian kolaboratif antara UM (Indonesia) dan UTM (Malaysia) yg diketuai oleh Dr. Robby Hidajat, M.Sn.

Penampilan Hasil Workshop Jejapinan di ISI Denpasar, Bali (Foto.Ist)
Workshop jejapinan di ISI Denpasar ini dimaksudkan sebagai uji coba empirik, mengingat selama ini Zapin yang telah tumbuh dan berkembang di Indonesia memiliki ciri yang menunjukan kekuatan gaya lokalitasnya yang kental. Selain dari pada itu, Dr. Robby Hidajat, M.Sn. yang selama ini menjadi elaborasi data lapangan menjadi luaran dalam bentuk  koreografi juga menemukan sistem proses kreatif yang cepat. Dalam waktu kurang lebih 3 jam dapat menghasilkan satu koreografi massal. Karena peserta workshop dari prodi Pendidikan Seni Pertunjukan FSP ISI Denpasar sebanyak 60 mahasiswa. Mereka harus tampil semua dalam bentuk sajian koreografis.

Selama proses workshop berlangsung juga didampingi oleh pengajar tari melayu, Dr. Yulinis, SST., M.Si.

Proses kegiatan workshop yg berlangsung mulai pukul 09.00-15.00 WITA di gedung Natya Mandala, sebuah gedung pertunjukan yang representatif di ISI Denpasar. Sehingga tampilan dapat disajikan seperti konser.

Foto Bersama Narasumber dan Peserta Workshop (Foto.Ist)
Materi workshop yang terdiri dari 7 pola gerak, dapat dengan cepat diserap oleh mahasiswa. Namun secara teknik, mereka memang tampak kesulitan untuk mengerakkan jenis gerak lenggang, berjalan dengan mengayunkan tangan, bahkan untuk meliukkan badan pada waktu melangkah, selain daripada itu sikap bahu yang selalu terangkat. Dra. Ni Wayan Mudiasih, M. Si. memberikan evaluasi yang menggembirakan, dalam waktu 3 jam, mahasiswa sudah mampu menyerap gerak tari zapin yang selama ini belum mereka kenal. Demikian pula, Koorprodi Pendidikan Seni Pertunjukan, I Wayan Budiarsa, S.Sn., M.Si. juga menyambut baik kegiatan penelitian yang secara langsung dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa di ISI Denpasar. Sudah barang tentu hubungan kerja sama ini perlu ditingkatkan pada tahun ke depan. Bahkan apabila kolaborator dari luar negeri dapat dilibatkan secara langsung. Tentunya akan memberikan dukungan secara kelembagaan semakin menguntungkan kedua belah pihak.

Diakhir kegiatan, Dr. Robby Hidajat, M. Sn. Memberikan cinderamata dalam bentuk buku tulisan beliau pada para narasumber dan 4 penari terpilih sebagai penari utama dalam tampilan kolosal Jejapinan Semarak Nusantata Melenggang.



Reporter: Muhammad ‘Afaf Hasyimy
Editor: Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "60 Mahasiswa Pendidikan Seni Pertunjukan FSP ISI Denpasar ikuti workshop Jejapinan Nusantara"