Jalan Berlubang di Lintasan Rel Kereta Api, Apa Tidak Bahaya ?

Damariotimes. Masa penghujan yang cukup panjang memang banyak berdampak pada jalan-jalan yang konstruksinya dari aspal. Kikisan air hujan sangat rentan bagi konstruksi jalan aspal, sehingga tubuh jalan sangat cepat mengelupas.

Lintasan jalan kereta api di kota lama Malang (Foto Ist.)

            Aspal jalan yang terkelupas memang tidak dapat segera di perbaiki, karena membutuhkan perencanaan perbaikan. Sementara ada inisiatip masyarakat yang menimbunnya dengan bongkaran. Sungguhpun hal ini membantu, tapi juga tidak singnivikan. Karena jika hujan turun, bongkaran tersebut juga akan terbawa oleh aliran air hujan.

            Di Kota Malang ada jalan-jalan yang mengalami dampak dari kondisi curah hujan, sehingga jalan tampak berlubang, sehingga mengganggu dan membahayakan pengguna jalan. Utamanya setelah hujan lebat, air akan menutupi lubang-lubang. Jika lubang tersebut cukup dalam, maka pengenara motor akan mudah terjerembah, bahkan mengakibatkan pengendara kehilangan keseimbangan. Akhirnya tentu akan mudah terjatuh.

Lintasan rek kereta api di Pasar Kebalen (Foto Ist.)
            Di antara kondisi jalan aspal yang mengelupa tersebut ada di lintasar kereta api Kota Lama dan di Kebalen (Jl. Zainal Zakse), yaitu di lintasan rel kereta api yang dilalui oleh tangka bahan bakar yang bongkar muat di depo BBM di Jl. Halmahera Malang. kondisi ini juga pada lintasan rel kereta api di jl. Comboran, sungguhpun tidak terlalu parah. Lintasan kereta api yang jalan beraspalnya mengelupas cukup dalam adalah di Pasar Kebalen (Jl. Zainal Zakse). Lintasan rel di pasar ini memang sangat padat, baik motor atau mobil yang lalu-lalang di antara para pedagang. Lubang di kanan kiri rel tersebut cukup dalam, sehingga pengendara yang melintas memang harus ekstra hati-hari.

            Selain faktor hujan, jalan beraspal yang di lintai rel kereta api memang merupakan jalur yang padat. Sehingga berbagai kendaraan besar kecil juga memberikan andil terhadap kondisi tersebut. Sungguhpun demikian, hal ini tentunya tidak dapat dibiarkan begitu saja, bahkan dikawatirkan terjadi kecelakaan yang sudah barang tentu tidak diingatkan.



Reporter              : R. Hidajat
Editor                  : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Jalan Berlubang di Lintasan Rel Kereta Api, Apa Tidak Bahaya ?"