Fungsi Seni Rupa Tradisional di Thailand

Damariotimes. Penggambaran prilaku sosial masyrakat Thailand menunjukan ungkapan perasaan yang mendalam dan bersifat romantis, yakni ekspresi emosi sebagai manusia terkait dengan cinta. Cinta menjadi tema yang sangat kuat di Thailand. Hal ini menunjukan berbagai penggambaran yang dilukis sebagai mural di dinding-dinding istana (grend place) berbagai ekspresi tokoh dalam drama Khon yang menceitakan tentang Panji Jawa, dan juga Ramayana yang menonjolkan karakteristik tokoh Hanoman.

Penggambaran Tokoh Hanoman Thailand yang Heroik (Foto ist.)

Kerasakti yang sangat unggul dalam berbagai peperangan untuk membela kebenaran atas perbuatan jahat yang dilakukan oleh Dasamuka, raja yang menguasai alengka. Alengka dalam posisi mitologi Thailand adalah Srilangka. Negara tetangga yang berada di sebelah selatan. Negara itu telah menjadi musuh sejak pemerintahan raja Rama I.

  Fungsi Seni Rupa di Thailand

a.    Sebagai dekorasi, yakni sebuah karya seni bagian dari mengungkapkan nilai keindahan-keindahan dalam seni tradisional Thailand. Nilai tersebut berfungsi sebagai sarana dalam meningkatkan pemahaman dalam ajaran Budha.

b.    Sebagai refleksi dalam kehidupan sosial. Hal ini seperti seniman menunjukan sebuah cerita yang berhubungan dengan agama Budha, namun dalam komponen dasar, seniman menggambarkan sosial pada zaman tertentu, umumnya kehidupan sehari-hari rakyat biasa. Dengan demikian lukisan sebagai sumber rujukan dalam mempelajari kehidupan sosial. Sehingga mencerminkan identitas Thailand dengan penekanan agama Budha. Dalam hal ini meskipun sejarah kehidupan Sang Budha berasal dari India dan Budha India kelahiran, sehingga seniman melukiskan menggabungkan Budha dalam konteks Thailand.

c.    Sebagai sumber daya akademik. Hal ini lukisan trasidional Thailand sebagai penggambaran kehidupan sosial, budaya, ekonomi yang dapat digunakan sebagai aspek dasar dalam membantu penggambaran kehidupan masa lalu.

d.    Sebagai ekspresi seniman. Hal ini lukisan tradisional yang digambarkan seniman berupa ilustrasi dalam mengekspresikan emosi, konsep, dan imajinasi melalui kehidupan manusia yang memiliki status dan kerajaan dalam masyarakat umum. Sehingga dalam hal ini lukisan-lukisan terlihat memiliki keunikan karena lukisannya memiliki ide gagasan yang hampir sama, meskipun seniman tersebut dari periode yang berbeda-beda.



Reporter          : R. Hidajat
Editor              : Harda Gumelar 

Posting Komentar untuk "Fungsi Seni Rupa Tradisional di Thailand"