Mobil Tertabrak Kereta Api Tangki BBM Pertamina di Jalan Halmahera Malang

Damariotimes. Minggu, Tanggal 17 April 2022. Kecelakaan terjadi di pelintasan kereta api tanpa palang pintu di Jl. Halmahera Kota Malang. Peristiwa diperkirakan sekitara pukul 09.00 WIB. Sebuah mobil Kijang Innova nomor pol. N 1319 HL. melintasi rel kereta api yang ada di perempatan Jl. Halmahera. Mobil Kijang Innova dari arah selatan, perjalanan dari daerah Sitiarjo Malang Selatan. Diperkirakan sopir yang mengenakan kaos hitam dan celana pendek mengalami kecapaian. 


Kerumuman orang menyaksikan evakuasi mobil tertabrak KA Tangki BBM (Foto Ist.)

Pengemudi seorang laki-laki, kira-kira berusia 30 tahun, ke Malang hendak memperbaiki mobilnya di sekitar pasar loak jl. Irian Jaya.  Mobil yang dikendarai akan berbelok ke arah kanan menuju pasar Comboran, tidak menyadari bahwa pada waktu itu akan melintas kereta api Pertamina pengangkut Bahan Bakar yang akan di bongkar muat di Depo Pertamina Jl. Halmahera Malang. Tangki KA BBM itu berjalan muncur, jadi lokomotifnya berada di depan (di utara).

Mobil yang mengalami musibah hingga terlempar kurang lebih 50 meter (Foto Ist.)

Beberapa pengendara sepeda motor dari arah utara dan barat sudah tampak berhenti di belakang penjaga lintasan, demikian juga dari arah timur yang juga di jaga satu orang. Namun entah bagaimana, pengendara mobil Kijang Innova bergegas membanting stirnya ke kanan. Setelah sepertempat badan mobil melewati rel, tiba-tiba mesin mendadak berhenti. Ekornya tangki BBM yang ditumpangi oleh dua orang telah berteriak, tapi tidak terdengar. Dua orang tersebut secepatnya melompat untuk menyelamatkan diri, karena sangat membahayakan dirinya. sebab mobil yang terlanggar itu akan menerjang bebeapa kios loak barang bekas yang ada di depannya, hal tersebut tentu banyak logam dan material yang hancur dan berhamburan. Satu orang pengawas tampak mengalami shock, beberapa waktu terdiam tanpa dapat berkata-kata.

Kebiasaan mobil yang mendadak mati mesin ketika telah melintasi rek kereta api ini telah berulang kali. Orang-orang yang menyaksikan juga berkomentar, bahwa mobil tersebut terkena efek magnet kereta, sehingga sudah tidak dapat dielakan lagi. Insiden terjadi.

Ada laki-laki (40 th) yang menyaksikan peristiwa tersebut berkomentar, ‘mungkin supirnya sedang dalam kondisi yang capai atau melamun, dan tidak menyadari bahwa ada kereta api pengangkut BBM yang sedang melintas.”

Mobil Kijang Innova yang rusak parah sedang dievakuasi (Foto Ist.)

  Kijang Innova warna abu-abu terlanggar kereta api pengangkut BBM, untuk dengan sadar pengemudi langsung melompat keluar dan menghindar. Namun mobilnya tidak dapat diselamatkan, tertabrak hingga terdorong kurang lebih 50 meter. Selain daripada itu, badan mobil yang terlanggar juga menghantam 3 kios loakan barang bekas, bahkan ada kanofi sebuah kios juga hancur terlanggar.

Selama lebih dari 30 menit masih dilakukan pemeriksaan, dan kereta api yang telah berhenti juga berupaya untuk mundur melepaskan dari badan mobil yang telah ringsek parah. Ambulan, mobil polisi, dan juga mobil derek dengan sigap langsung datang untuk melakukan evakuasi.  



Reporter              : R. Hidajat
Editor                  : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Mobil Tertabrak Kereta Api Tangki BBM Pertamina di Jalan Halmahera Malang"