Tahukan Manfaat Mengkonsumsi Daging Kambing


DAMARIOTIMES – Daging kambing kalau dimasak  gulai atau  sate, tentu sangat lezat sekali. Namun jika sudah usia 40an. Kebanyakan orang selalu menghindari, takut kalau berdampak pada Kesehatan, utamanya memicu kolestrol.

                Mitos tentang kolestrol tersebut tidak seluruhnya benar, menyimak laman Live Strong, bahwa kandungan kolestrol dan lemak pada daging kambing ternyata lebih rendah ketimbang daging sapi. Dalam 100 gram daging kambing terdapat kandungan kalori 109, dan 20,6 gram protein, dan kandungan lemaknya hanya sekitar 2 gram.

Gambar Sate Kambing (Sumber: commons.wikimedia.org)

                Lepas dari mitos atau karena sudah terlanjur tertanam dalam pemahaman umum, bahwa daging kambing yang seringkali berdampak buruk pada Kesehatan bagi mereka yang telah lanjut usia. Sebenarnya yang harus dibatasi adalah jumlah yang dimakan. Sesuatu yang berlebihan tentu akan berdampak buru pada kesehatan.

                Ada sejumlah manfaat daging kambing dengan pengolahan yang tepat dan dikonsumsi secara proposional, yaitu (1) mencegah kanker: dalam daging kambing mengandung Conjugted Linoleic Acid (CLA) atau asam lemak yang mampu mencegah kanker dan juga mencegah peradangan.  Bahkan kandungan  selenium dan klorin juga diyakini dapat  mencegah resiko terkena penyakit kronis. (2) Anti Inflamasi: kandungan daging kambing ada zat anti-inflamasi. Hal ini diyakini mengkonsumsi daging kambing dapat menghambat peradangan di pembuluh darah dan menstabilkan detak jantung, (3) daging kambing yang diyakini memiliki kekayaan vitamin B dapat membantuk tubuh membakar lemak. Bahkan dalam daging kambing lemak jenuhnya sangat rendah, bahkan tinggi protein, sehingga sangat cocok untuk program diet, (4) mengkonsumsi daging kambing dapat membantu mencegah anemia, khususnya bagi ibu-ibu yang sedang hamil atau wanita pada saat menstruasi, (5) meningkatkan Kesehatan mental: dalam daging kambing terdapat kandungan vitamin B12 yang membantu untuk menyetabilkan kondisi stress dan depresi, (6) mencegah struke dan gangguan ginjal: dalam daging kambing juga sangat tinggi kandunganlematk omega 3, dan rendah kalium, serta natriiumnya, oleh karena itu jika mengkonsumsi daging kambing  dapat membantu mencegak serangan struke dan gangguan ginjal, (7) menjaga kesehatan tulang; dalam daging kambing  juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi, sehingga dapat membantu dan mendukung pertumbuhan tulang. Oleh karena itu bagus bagi para remaja yang baru dalam pertumbuhan.

                Setelah mengetahui manfaat kandungan dalam daging kambing, sudah barang tentu mitos tentang dampak daging kambing tetap harus diyakini. Karena umumnya daging kambing yang gurih dan lezat itu jika dikonsumsi secara berlebihan dapat dipastikan akan mengganggu kondisi tubuh.

 

 

Reporter              : R. Hidajat
Editor                  : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Tahukan Manfaat Mengkonsumsi Daging Kambing"