Rara Isti Wulandari Pawang Hujan Sirkuwit MotoGP Mandalika

DAMARIOTIMES - Pembukaan MotoGP Sabtu tgl 19 Maret 2022 di International Street Circuit Mandalika Lombak mengundang perhatian dunia, utamanya pencinta MotoGP internasional. Tidak hanya ajang pertandingan adu balap motor. Namun sosok pawang hujan yang fenomenal, yaitu Raden Rara Isti Wulandari yang populer di sebut mbak Rara. Telah menjadi tontonan yang sangat menarik dari ajang gelar pertandingan balap motor tersebut.

Rara Isti Wulandari (Sumber Foto : IG @illustmoto)

                Pasalnya aksi teaterikal mbak Rara untuk menolak hujan, yaitu turun di lintasan balat dan berjalan dengan membunyikan piranti ritualnya, serta sesekali menyuarakan teriakan-teriakan magis untuk membelah langit Mandalika.

Fenomena ini memang baru pertama kali ini, sungguhpun ada juga atraksi teaterikal yang dilakukan oleh pawang hujan di kampung-kampung pada waktu acara hajatan. Pawang  ketika berusaha menghentikan hujan. Pawangnnya kadang ngumpet di suatu kamar, mereka puasa atau menghadap sesaji yang tertutup. Namun acara tingkat dunia ini Mbak Rara telah  membuat perhatian dunia. Atraksi yang secara representafi dilakukan mbak Rara si pawang hujan. Apakah ini karena inisiatif sendiri, atau memang menjadi bagian dari perhelatan internasional tersebut.

                Keterangan di sosial media, mbak Rara tampak sebagai pawang hujan yang intelek, keterangan-keterangannya yang rasional dan argumentatif. Sungguh dapat memukau para pemburu berita, karena fenomena sosial dari praktik paranormal ini yang mempu memberikan interes media.

                Berbagai pemberitaan yang mengorek praktik paranormal dari mbak Rara, memang sudah sangat berpengalaman. Sehingga memang telah dikenal secara nasional. Berbagai acara-cara penting yang tidak dikehendai gangguan alam telah menjadi track record praktik kepawangannya.

                Tapi secara performances tampilan mbak Rara secara teaterikal benar-benar memang menjadi bagian dari scenario gelar MotoGP 2022 di Sirkuwit Mandalika. Mengingat dandanan mbak Rara tidak seperti pawang tradisional yang menggunakan busana adat, wajah yang seram atau diseram-seramkan. Namun tampilannya yang menggunakan topi proyek warna putih, artinya warna itu memang benar-benar mencolok. Mudah dilihat dari berbagai arah. Kostum yang digunakan juga sangat modis dan simple, sangat maskulin. Sehingga praktik paranomal ini memang telah menjadi bagian dari sebuah produksi intertement. Dengan demikian fokus of interes yang dramatis itu benar-benar  menonjolkan mbak Rara sebagai fenomenal lokal. Sehingga memang tampak menjadi bagian dari scenario pertunjukan balapan MotoGP di International Street Circuit Mandalika tahun 2022.



Reporter              : R. Hidajat
Editor                  : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Rara Isti Wulandari Pawang Hujan Sirkuwit MotoGP Mandalika"