Manfaat Minuman Rebusan Kulit Nanas

DAMARIOTIMES - Di masa pendemi Covid-19 ini banyak upaya untuk mencari kemungkinan orang untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu juga mencoba untuk mencari upaya-upaya menggali kekayaan dari berbagai obat herbal. Seperti yang telah di langsir oleh beberapa media online, termasuk kompas.com. tentang air rebusan nanas diperaya apat menurunkan berat bandan, benarkah?. Lontaran pertanyaan itu memang ada kecendrungan tidak atau belum diyakini secara umum tentang manfaat rebusan nanas.

Minuman rebusan kulit nanas (Foto Ist.)

                Percobaan yang dilakukan menunjukan, bahwa rebusan kulit nanas memang terasa segar. Terlebih dicampur dengan jahe dan sere. Ini merupakan alternatif minuman yang memiliki manfaat bagi tubuh. Setidaknya kandungan dalam nanas itu adalah enzim yang dapat meningkatkan motabolisme dan juga melancarkan pencernakan. Namun diingatkan, bagi mereka yang memiliki masalah lambung untuk dipertimbangkan mengkonsumsinya. Karena kandungan vitamin C nya.

                Efek samping yang mungkin dapat terjadi alergi atau iritasi, utamanya bagi mereka yang menderita maag. Jika memang menghendaki mengkonsumsi rebusan kulit atau buah nanas dianjurkan untuk makan terlebih dahulu. Sehingga mengurangi kemungkinan terjadi nyeri lambung atau perut menjadi terasa kembung. Kalau hal tersebut terjadi, stop dan jangan dilanjutkan. Artinya minuman tersebut tidak sesuai  dengan kebutuhan tubuh anda.

                Beberapa pemberitaan menyebutkan, bahwa mengkonsumsi kulit nanas dilakukan dengan cara merebus. Namun harus diingat, cara memprosesnya harus benar-benar bersih, karena di bagian mata nanas itu kadang ada hewan atau kotoran yang tersembunyi. Maka dianjurkan untuk memproses dengan sangat bersih. Kemudian bisa dicampurkan kunyit, atau jahe, bahkan dapat juga ditambahkan dengan sere. Semua bahan direbus dalam belanga tembicar, mohon untuk dihindari merebus dengan alat yang mengandung alumunium. Setelah direbus ditunggu hingga mendidih dan disisakan kurang lebih ½ atau 1/3 bagian dan kemudian disaring. Kemudian dibiarkan dingin, dan siap untuk dikonsumsi.

                Minuman alternatif ini rasanya memang segar, bahkan juga dapat untuk menghilangkah rasa dahaga. Bisa dikonsumsi pagi dan sore hari, namun jika ada dampak yang rasakan baik di lambung atau di tenggorokan, maka dianjurkan untuk dihentikan. Artinya hal ini tentu tubuh mengalami alergi. Selain dari pada itu tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Karena nanas itu berdampak kurang baik untuk Kesehatan janin.



Reporter              : R. Hidajat
Editor                  : Marsam Hidayat

Posting Komentar untuk "Manfaat Minuman Rebusan Kulit Nanas"