Manfaat Mengkonsumsi Jagung untuk Kesehatan Tubuh

DAMARIOTIMES - Jagung yang dikenal dengan nama ilmiahnya zea mays spp. Jagung dikenal sebagai sumber karbohidrat yang tinggi, sehingga dapat digunakan sebagai variasi untuk menggantikan nasi. Buah jagung ini merupakan tamanan yang semula berasal dari Meksiko, Amerika Tengah. Berbagai sumber menyebutkan, bahwa bangsa Olmek dan Maya yang tinggal di Amerika Tengah sudah membudidayakan jagung sebagai makanan pokok.

Jagung rebus yang disejikan dengan parutan keju (foto ist.)
                Sekitar abad ke 15, tanaman jagung sudah menyebar luas di wilayah Asia dan Eropa. Hal tersebut dibuktikan adanya tongkol jagung yang ditemukan di sekitar goa-goa purba, seperti di Goa Guila Naquitz, Puebla, Meksiko dari waktu beribu-ribu tahun yang lalu.

                Tanaman yang telah tersebar di seluruh dunia ini tentunya memiliki manfaat yang baik untuk Kesehatan tubuh, oleh karena itu tentunya juga sangat baik pula untuk menggantikan nasi. Karena kandungan gula di dalam jagung lebih rendah dari nasi. Utamanya mengkonsumsi jagung muda sangat baik untuk Kesehatan, hal ini dibuktikan kadungan yang terdapat di dalam 3 ons jagung memiliki sekitar 22 gram karbohidrat, bahkan jagung muda lebih rendah lagi, yaitu sekitar 8 gram karbohidratnya.

                Kandungan dari jagung muda, memiliki manfaat sebagai berikut:

1.       Menurunkan berat badang, oleh karena itu cocok bagi mereka yang bermaksud untuk diat. Karena dalam jabung muda rendah kadar lemaknya, tetapi sangat kaya akan asam folic dan potassium. Bahkan ideks glycemic yang  baik.

2.       Melancarkan Proses Pencernaan; jagung memiliki kandungan vitamin B, yang berguna untuk membantu mencegah terjadinya sembelit. Bahkan memiliki kandungan serat yang dapat melancarkan metabolism tubuh.

3.       Mencegah Diabetis; utamanya untuk diabetes tipe 2.

4.       Mencegah penyakit Alzeimer:  jika pada usia lanjut mengalami kondisi yang pikun, maka hal tersebut disebabkan oleh penyakit yang disebut Alzeimer. Jagung memiliki kandungan folat yang tinggi membantu mengurangi resiko penyakit pikun, karena unsur yang berfungsi untuk memberikan nutrisi otak

5.       Meningkatakan imunitas tubuh; kandungan zat besi dalam jagung bermanfaat untuk melancarkan aliran oksigen dalam darah.

6.       Menyembuhkan infeksi; satu buah jagung memiliki kandungan vitamin C sebanyak 23% dan bitamin A sebanyak 3%. Dua vitamin ini berfungsi untuk mencegah dan menyembuhkan infeksi yang terjadi pada tubuh.

7.       Baik untuk memelihara dan meremajakan kulit; kandungan vitamin C pada jagung memberikan manfaat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Seperti kulit menjadi kusam, atau flek-flek yang hitam pada kulit.

8.       Mencegah tekanan darah tinggi; kadar potassium dalam jagung memcapai 17 mg. sehingga baik untuk mencegah naiknya tekanan darah. Karena baik untuk mengatur peredaraan darah dan melancarkannya.

9.       Menurunkan kadar kolestrol; kandungan dalam jagung terdapat karotenoid serta bioflavonoid yang dikenal baik untuk membantu menurunkan dan menhancurkan kolestrol jahat dalam tubuh.

10.   Meningkatakan daya ingat; Thiamin merupakan salah satu kandungna dalam jabung, yaitu yang bermanfaat untuk menjaga sel-sel otak.

11.   Mencegak kerusakan paru-paru; dalam jabung memiliki kandungan yang disebut eryptoxanthin yang dapat diubah menjadi vitamin A yang berfungsi untuk mencegah penyakit kanker paru-paru.

Manfaat buah jagung ternyata sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh, oleh karena itu diversivikasi konsumsi nasi dengan menggantikan dengan jagung tentu sangat baik. Namun juga tidak dianjukan hanya mengkonsumsi jagung secara berlebihan.

 

Disarikan dari beberapa sumber

 

Reporter              : R. Hidajat
Editor                  : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Manfaat Mengkonsumsi Jagung untuk Kesehatan Tubuh"