Manfaat Buah Salak untuk Menurunkan Berat Badan

DAMARIOTIMES - Orang kadang menghindari buah salak, karena kulitnya yang keras. Bahkan juga kadang rasanya yang tidak manis, atau tidak tampak menyegarkan jika dibandingkan dengan buah-buah yang lainnya. Hal tersebut tentunya perlu dipertimbangkan. Karena buah yang banyak dijumpai di Jawa dan Sumatra itu memiliki manfaat yang bangat baik untuk tubuh.

Buah Salak (Gambar: pixabay.com

            Dari segi kandungan mineral dan juga vitamin tentunya tidak diragukan lagi, karena memiliki manfaat yang sangat bagus bagi mempertahankan Kesehatan. Jika mengalami gangguan pencernakan, buah salah sangat baik untuk menyetabilkan kondisi pencernakan. Hal ini sudah menjadi kebiasaan umum yang diturunkan secara teradisional. Manfaat untuk pencernakan tersebut dikarenakan adanya kandungan nutrisi yang disebut tannin, yaitu mencegah diare. Sehingga buah salak membantu menyembuhkan diare.

            Keyakinan tradisional, bahwa mengkonsumsi salak tidak disarankan untuk membuang kulit arinya. Karena kulit ari salak itu yang dapat mencegak gangguan pencernakan.

            Perlu diketahi, bahwa buah salak juga memiliki manfaat bagi Kesehatan mata. Menutut hasil penelitian, bahwa buah salak memiliki kandungan betakaroten yang mencukup kebutuhan untuk menjaga Kesehatan mata. Hal tersebut setara dengan kandungan yang terdapat dalam sayur wortel. Jika ada yang tidak menyukai sayur wortel, maka perlu dicoba untuk mengkonsumsi buah salak. Sungguhpun ada beberapa jenis yang rasanya sepat, tapi tidak jarang dijumpai buah salak yang memang benar-benar manis.

            Ditinjau dari aspek kandungan dalam buah salak, dapat diketahui adanya nutrisi yang terdiri dari kalsium, tannin, saponin, flavonoid, dan betakaroten. Kandungan yang ada dalam buah salak tesebut memang sudah tidak diragukan lagi. Sudah barang tentu cara mengkonsumsinya memang tidak berlebihan.

            Dari sejumlah manfaat yang bagus untuk tubuh, buah salak juga dapat untuk menu diet, karena manfaat buah salak memiliki kandungan serat dan antioksidan. Selain dari pada itu, manfaat untuk menurunkan berat badan dikarenakan buah salak memiliki kandungan kalsium dan karbohidrat, sehingga buah salak dapat memberikan energi dan stamina yang diperlukan untuk tubuh pada waktu menjalani diet.



Reporter          : R. Hidajat
Editor              : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Manfaat Buah Salak untuk Menurunkan Berat Badan"