Krung Thep Maha Nakhon nama baru Ibu Kota Thailand

DAMARIOTIMES - Perlu diketahui, saat ini Kota Bangkok nama ibu kota Thailand telah diganti dengan nama yang baru, yaitu Krung Thep Maha Nakhon. Nama ini mempunyai arti Kota Para Bidadari. Krung adalah Kota, atau ibu kota negara. Jadi Kota besar.

            Bangkok merupakan daerah yang ditetapkan menjadi ibu kota Thailand pada abad XVIII setelah ibu kota Thailand yang bertama ditnggalkan. Semula Thailand mempunyai ibu kota bernama Sukhothai. Nama ibu kota tersebut diambil dari bekas kerajaan di Thailand Tengah-Utara.

(Sumber Gambar: rawpixel.com)

            Ibu Kota Sukhothai sebagai pusat pemerintahan Raja Ramkhambaeng memperluas wilayah kekuasaannya hingga ke Laos, Laut Adaman, dan Semenanjung Malayu. Kejayaan tersebut telah di bangun sekitar abad XIV,

            Kota Sukhothai ditinggalkan pada tahun 1351, ketika diresmikan ibu kota bernama Ayutthaya dan resmi dibawa pemerintahan dinasti Thai. Namun pengaruh kebudaan dari kota Sukhothai masih terus bertransformasi hingga abad XVI.

            Lokasi Kota Ayutthaya kuno berada di pertemuan sungai Chao Praya, Lop Buri, dan Pa Sak. Puncak perkembangan kebudayaan kota Ayutthaya hingga abad XVIII, dan kemudian berikutnya pindah ke kota Bangkok.

            Saat ini kota Bangkok digantikan Namanya menjadi Krung Thep Maha Nakhonhal ini tentunya memiliki pandangan ke depan, yaitu Thailand menciptakan visi baru menjadi kota Mega Metropolitan di Asia Tenggara.

            Berita pergantian nama baru kota Bangkok tersebut diumumkan oleh Dewan Akademi Kerajaan Thailand atau ORST. Nama Krung Thep Maha Nakhon ditetapan secara resmi pada tahun 2021 sebagai kutipan dikutip dari prfmnews. Id dari laman Bangkok Post. Sebagaimana disampaikan, pengubahan nama ini tidak ada yang berubah, penjelasan yang disampikan oleh Juru Bicara Pemerintah Rachada Dhnadirek. Sehingga pada penyebutannya menjadi Krung Thep Maha Nakhon (Bangkok).

            Bahkan nama baru tersebut mendapatkan penghargaan dari Quinness Wordl Records sebagai lokasi dengan nama terpanjang, nama lengkap dari ibu kota Thailand ini adalah Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayothaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya.

            Fenomena pertantian nama ini menunjukan visi yang dinamis, dan mencari visi baru yang lebih punya identita lokal yang kuat, sungguhpun dalam perjalanan menjadi kota mega metropolitan.



Reporter          : R. Hidajat
Editor              : Harda Gumelar  

Posting Komentar untuk "Krung Thep Maha Nakhon nama baru Ibu Kota Thailand"