Yudit Pradananto Kreasikan Wayang Kulit Topeng Panji Saba Nusa

DAMARIOTIMES - Ada peluang yang terus terbuka bagi berbagai gagasan untuk mengembangkan seni pertunjukan tradisional, seperti halnya seni pertunjukan wayang yang telah diakui menjadi Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity (Mahakarya Warisan Kemanusiaan lisan dan tak benda). Penetapan UNESCO pada 7 November 2003 itu bukan berarti, bahwa wayang dalam bentuk pertunjukan atau benda berhenti sebagai mahakarya. Akan tetapi daripada itulah yang terbuka peluang yang seluas-luasnya bagi masyarakat Indonesia untuk terus mengembangkan gagasan kreatifnya. Dengan harapan wayang menjadi terus berkembang dan menjadi tuan rumah yang ramah untuk semua orang yang mengapresiasi.

Yudit Pradananto bersama wayang kulit Topeng Panji Saba Nusa (Foto Ist.)
Seorang warga Malang, Yudit Pradananto yang sudah cukup lama menekuni sebagai kolektor wayang kulit dan topeng, memiliki gagasan menciptakan wayang yang bersumber dari figure wayang topeng berlakon Panji.

Gagasan yang ingin dilangsir adalah berperan serta mengisi kehadiran Panji sebagai tokoh Nusantara dalam mengembangkan budaya prulalitas. Oleh karena itu gagasan tersebut dicanangkan sebagai bentuk narasi Panji Saba Nusa.

Kreasi wayang yang bersumber dari bentuk figure wayang topeng, yaitu wayang yang semula diperagakan oleh penari (orang), kemudian dire-desain menjadi bentuk figure wayang kulit. Tujuannya adalah untuk mengembangkan narasi prulalitas dari Panji sebagai satria Nusantara. Sehingga bentuk figure wayang Panji karyanya dapat mengekspresikan berbagai figure berkarakter kenusantaraan. Panji dapat hadir sebagai tokoh yang berkarakter satria Bali, Banjar, Bugis, Dayak, Aceh.

Gagasan tersebut ingin dikonformasikan secara intensif pada seniman-seniman di Malang dan juga di Indonesia. Karena gagasan ini tidak sekedar mengisi waktu senggang, akan tetapi memiliki landasarn filosofis yang mendalam, yaitu menciptakan narasi positif untuk persatuan dan kesatuan ke-Nusantara-an.

Penutup perjumpaan dengan Yudit Pradananto, bahwa diharapkan karya-karyanya dapat diterima oleh masyarakat dan mampu sebagai media apresiasi.

 

Reporter          : Harda Gumelar
Editor              : R. Hidajat

Posting Komentar untuk "Yudit Pradananto Kreasikan Wayang Kulit Topeng Panji Saba Nusa"