Belajar Literasi Menyenangkan Bersama Alam

DAMARIOTIMES. Kampus Mengajar atau yang biasa disingkat dengan KM, merupakan program yang telah diselenggarakan oleh Kemdikbud. Mahasiswa yang mengikuti program kampus mengajar angkatan 2 merupakan mahasiswa yang bersedia mengabdikan diri membantu proses pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Mahasiswa KM melakukan adaptasi Literasi (Foto ist.)
Tujuan Kampus Mengajar adalah untuk membantu pembelajaran bagi siswa, khususnya di daerah (3T) yaitu derah-daerah terdepan, terluar, dan  tertinggal agar tidak terjadi learning loss karena mengalami kesulitan melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Di dalam penerjunan Kampus Mengajar, para mahasiswa diminta untuk melakukan penerapan berkaitan dengan adaptasi literasi dan numerasi. 

Para mahasiswa KM angkatan 2 pada penempatan SDS AL-HIKAM Kec. Lekok, Kab.Pasuruan berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan adaptasi literasi dan numerasi salah satunya ialah melakukan pembelajaran di luar kelas.

Para mahasiswa, guru bahkan siswa sangat antusias untuk mengikuti kegiatan tersebut. Terlebih lagi para siswa tidak merasa bosan dalam melakukan pembelajaran. Pemilihan lokasi pembelajaran yang tepat dan nyaman dirasa dapat membantu focus pemikiran para siswa, yaitu pembelajaran dengan alam. 

Para mahasiswa KM mengajak para siswa untuk melakukan pembelajaran di area pekarang yang ditumbuhi pohon-pohon besar. Pohon-pohon besar dirasa dapat memberikan kerindangan juga kesejukan. Nuansa hijaunya pohon dan rumput akan membuat pikiran lebih focus dan rileks. Terlihat mahasiswa KM dan siswa tersebut sangat merasa bahagia. Mahasiswa melakukan adaptasi literasi yaitu membaca dan memerankan dongeng hewan. Para siswa sangat antusias dalam memeragakan penokohan hewan. Ada yang menjadi tokoh kancil, kepiting, harimau, buaya, dan masih banyak lagi. 

Para mahasiswa KM mengelompokkan para siswa kedalam kelompok kecil sesuai dengan buku dan cerita yang akan diperankan. Hal ini dapat  melatih kesiapan  mental, kreativitas dan percya diri yang dimiliki oleh siswa.

Perhatikan siswa  tersebut berani maju untuk tampil di depan teman-temannya. 2 mahasiswa KM saling membagi tugas pembelajaran, yaitu mengajarkan seni peran dan mengajarkan intonasi yang tepat dalam membaca sebuah cerita atau dongeng.

Siswa tersebut melakukan gerakan yang telah diberikan aba-aba oleh mahasiswa KM baik dari tangan, kaki hingga ekpresi wajah. Mereka juga melakukan vocal dengan nada yang berbeda-beda. Sehingga pola gerak dan nada mereka membuat semua siswa, guru termasuk mahasiswa KM tertawa dengan seru.  Pembelajaran literasi dengan cara pembelajaran bermain dan di luar kelas dapat dirasa efektif. Karena seluruh siswa sangat mengapresiasi dan memperhatikan dengan sangat focus. Tentunya pembelajaran tersebut sangat berkesan untuk pengalaman mahasiswa KM dan seluruh siswa. 

 

Kontributor     : Enjela Nikita Sari 

Editor              : Harda Gumelar

 

 

Posting Komentar untuk "Belajar Literasi Menyenangkan Bersama Alam"