Fakultas Sastra UM Jalani Rangkaian Site Visit Cluster Art Akreditasi Internasional AQAS

Cluster Art dari Fakultas Sastra (FS) Universitas Negeri Malang (UM) menjalani Site Visit akreditasi Internasional dari Agency For Quality Anssurance thought the Acceditation of Study Programmes (AQAS) yang dilaksanakan selama lima hari yang berlangsung di Graha Cakrawala UM, mulai tanggal 7 – 11 Pebruari 2022.

Sesi foto bersama dosen JSD dan jajaran pimpinan Fakultas Sastra UM (Foto Ist.)

Site Visit  dilaksanakan secara daring melalui laman Zoom Meeting dengan dewan panelis dan narasumber dari pihak Fakultas Sastra yang berbeda setiap harinya.  

Fakultas Sastra (FS) mengirimkan dua klaster untuk memperoleh akreditasi Internasional AQAS yakni Cluster of Language and Literature (Klaster Bahasa dan Literatur) yang telah di visitasi pada tanggal 4 – 8 Oktober 2021, dan Cluster of Arts (Klaster Seni).

Cluster Art yang melakukan site visit terdiri dair 4 prodi, yaitu S1 Pendidikan Seni Rupa, S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik, S1 Desain Komunikasi Visual, dan S2 Keguruan Seni Rupa.

Denik Ristya Rini, S.Pd., M.Pd., selaku Koordinator Akreditas AQAS klaster Art FS UM menjelaskan  bahwa waktu persiapan berkas sudah di mulai sejak awal Desember 2020, sehingga proses penyiapan akreditasi ini kurang lebih 1 tahun 3 bulan. dan dikirimkan ke pihak AQAS pada 15 April 2021. Waktu penyusunan yang pendek dengan pengerjaan yang maksimal membuat pihak AQAS memberikan apresiasi positif terhadap naskah dan ‘meminjamnya’ sebagai salah satu ‘best practice’. 

Sesi foto bersama dosen JSD dan Dekan Fakultas Sastra; Prof. Dr. Utami Widiati, Ph.D. (Foto Ist.)

Dr. Wida Rahayuningtyas, M.Pd. menjelaskan Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra ini baru pertama kalinya mengikuti akreditasi internasional, sehingga pengalaman ini merupakan suatu yang luar biasa. Oleh karena itu diharapkan terjadi peningkatan secara signifikan dari kualitas pelayanan Pendidikan selama ini.

Kegiatan visitasi yang berlangsung selama lima hari memiliki banyak topik bahasan yang terbagi ke dalam beberapa sesi diantaranya, 

1.       Sesi bersama senior management of UM atau rektor dan jajarannya

2.       Sesi bersama faculty management atau dekan dan jajarannya serta Unit Penjaminan Mutu (UPM FS)

3.       Sesi bersama perwakilan dosen S1 Pendidikan Seni Rupa

4.       Sesi bersama perwakilan dosen S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik

5.       Sesi bersama perwakilan dosen S2 Keguruan Seni Rupa

6. Sesi bersama perwakilan dosen S1 Desain Komunikasi Visual

7. Sesi bersama perwakilan mahasiswa dan alumni S1 dan S2 semua prodi

8. Sesi bersama perwakilan pengguna lulusan dari 4 Program Studi

9. Sesi penutup dan pemberian masukan secara general

Foto bersama setelah penutupan bersama Rektor Universitas Negeri Malang (Foto Ist.)
            Selama rangkaian site visit cluster Art diberikan support oleh Dekan FS; Prof. Dr. Utami Widiati, Ph.D. dan WD I: Dr. Primadiana Hermilia W.,M.Pd. Dengan penuh perhatian dan sabar menunggu kegiatan hingga selesai. Perhatian tersebut benar-benar sangat berarti, bagi para Kaprodi dan dosen di Klaster art. Demikian ungkapan rasa lega dari Ketua Jurusan Seni dan Desain; Dr. Wida Rahayuningtyas, M.Pd. sambil menghela nafas Panjang.

 


Reporter         : R. Hidajat
Editor              : T. Wahyuningtyas

Posting Komentar untuk "Fakultas Sastra UM Jalani Rangkaian Site Visit Cluster Art Akreditasi Internasional AQAS"