Tahukan Tentang Tari Pasambahan dari Minang, Sumatra Barat?

Tari Pasambahan tampil di depan rumah pengantin wanita (Foto Ist.)

DAMARIOTIMES. Seni adalah sebuah dimensi ciptaan atau rasa manusia yang di tuangkan ke dalam media tertentu untuk menyalurkannya atau mengimplementasikannya kepada orang lain. Sedangkan seni tari adalah suatu gerakan yang berirama, dilakukan di suatu tempat dan waktu tertentu untuk mengekpresikan perasaan dan menyampaikan pesan dari seseorang maupun kelompok. Seni menjadi wujud ekspresi diri dari manusia yang sering di jadikan sarana hiburan dan pertunjukan.

Seni Tari di Indonesia ada beraneka ragam jenisnya, yang tersebar dari Sabang sampai Marauke. Oleh karena itu, mengapa nusantara kaya akan adat kebudayaan kesenian.

Setiap daerah di Indonesia memiliki berbagai tarian khasnya yang memebedakan tarian satu dengan tarian lainnya. salah satunya yaitu Tari Pasambahan yang berasal dari daerah Sumatra Barat. Tarian Pasambahan adalah contoh tarian yang didominasi oleh penari wanita. Ini adalah tarian yang popular di tanah Minag, selain tari piring dan tari paying. Tari ini berkembang merata di Sumatra Barat, khsusnya di kota Padang.

Pasambahan sendiri adalah tari penyambutan sebagai ungkapan selamat datang dan rasa hormat pada tamu. Tari Pasambahan ini biasanya di adakan ketika adanya upcara adat dan upacara pernikahan. Biasanya ditampilkan di saat kedatangan tamu yang datang dari jauh, atau ketika pengantin pria tiba di rumah pengantin wanita.

Tari Pasambahan ini tidak hanya di adakan di Sumatra Barat saja, namun sudah menyebarluas ke daerah-daerah lain yang orang itu sendiri berasal dari daerah Sumatra Barat. Tari ini di sajikan oleh 9 orang penari yang terbagi dalam tiga kelompok, pertama : dua orang penari penari laki- laki membawakan gerak pencak silat, kedua : empat penari perempuan yang menari lembut dan anggun, dan ketiga: perempuan dengan satu orang pembawa carano dan dua orang sebagai pendampingnya.carano sendiri adalah sebuah wadah berbentuk dulang berkaki terbuat dari kuningan. Di dalamnya berisihkan daun sirih, pinang, sadah dan gambir.

Arah-arakan tari Pasambahan (Foto ist.)
             Tata Busana untuk para penari laki-laki biasanya memakai celana galembong dengan baju taluak balango,sesamping,ikat pinggang dan destar. Empat penari perempuan menggenakan sarung atau kodek , baju kurung da suntuing rendah atau penutup kepala busana minang kabau yang telah di modifikasi. Untuk busana pembawa carano di gunakan suntiang dan para pendamping memakai tengkuluk tanduk. Sementara itu alat music yang di gunakana untuk tari pasambahan ini yaitu diatonik,memadukan musik dari sepererangkat talempong, gadang, bansi, dan sarunai. Tarain ini di adakan pada saat pernikahan yang di lakukan oleh orang minang, sumattra barat. acara ini diadakan di depan rumah pengantin wanita sebagai tanda penghormatan kepda tamu yang telah datang ke acara tersebut.

 

Kontributor     : Sarah Arifah
Editor              : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Tahukan Tentang Tari Pasambahan dari Minang, Sumatra Barat?"