Pertunjukan dari Toyol Dolanan Nuklir Tampil di Pesisir Desa Sobontoro Tuban

Aksi Toyol di Desa Sobontoro Tuban (Foto Ist.)
            DAMARIOTIMES - Pertunjukan Toyol Dolanan Nuklir di Pantai Desa Sobontoro, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban dengan Studio Prewangan yang diinisiasi Seniman multimedia Indra Prayhogi (Impoe), salah satu pemuda Desa setempat.

Babat genggong merupakan sebuah pertunjukan dari Toyol Dolanan Nuklir yang melakukan experiment pertunjukan dua alam, dengan tujuan memfilter energi negatif yang terabaikan menjadikan partikel energi positif.

Pertunjukan ini dilakakukan untuk mengumpulkan serat pemaknaan genggong. Pertunjukan ini dilakukan dengan keliling Jawa Timur.  Pada kesempatan ini dapat tampil di Pantai Desa Sobontoro dan diterima dengan gembira oleh komunitas Pemuda Harapan Kampung (PHK) dan Studio Prewangan. Demikian penjelasan ketua PHK, Buntas Pradoto.

Toyol adalah seniman new media yang berdomisili di Sidoarjo. Karya yang banyak dibuat Toyol adalah karya yang tercipta dari pengabungan atau modifikasi alat elektronik. Berbagai perabot elektronik yang tidak terpakai digabung dan dimofikasi untuk membuat karya instalatif gerak bertenaga listrik. Selain itu juga Toyol juga banyak erekperimentasi dengan bunyi bising (noise) di dalam karya yang dibuat.

Pertunjukan alternatif ini merupakan suatu gerakan untuk memberikan kritik sosial terhadap kondisi sosial dan iklim dunia yang telah terkuasai oleh teknologi, sampah-sampah digital telah melanda mental masyarakat. Hal ini sudah tidak dapat dibendung lagi. Maka tidak mengherankan teroris estetik ini akan banyak bermunculan. Termasuk pergelaran yang diusung oleh Toyol.



Reporter          : Muhammad Affaf Hasimy
Editor              : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Pertunjukan dari Toyol Dolanan Nuklir Tampil di Pesisir Desa Sobontoro Tuban"